Jika Kamu Melakukan 20 Hal Ini, Siap-siaplah Dibenci Oleh Kucing Kesayanganmu

Seperti juga manusia, hewan juga memiliki hal-hal yang disukai dan tidak disukai. Hal tersebut juga terdapat pada kucing, mereka memiliki kesukaan terhadap apa yang catlovers lakukan dan tentu saja benci terhadap berbagai tingkah laku yang mungkin belum banyak diketahui oleh catlovers. Terutama bagi yang baru mulai memelihara kucing, terkadang hal-hal yang dianggap baik, ternyata tidak disukai oleh kucing kesayangan kita.

Buat kamu yang ingin lebih disayang oleh kucing yang kamu pelihara, hindarilah melakukan 20 hal di bawah ini:

1. Membawanya bepergian dengan kendaraan

kucing berkendara

https://www.flickr.com/photos/sharonhahndarlin/7367003498/

Pada dasarnya, kucing tidak terlalu menyukai daerah yang sempit dan di luar dari territorynya. Itulah sebabnya kucing akan memperlihatkan ekspresi tidak nyaman ketika berada di dalam mobil saat kamu hendak berpergian. Selain itu, kucing merupakan hewan yang mudah mabuk yang disebabkan rasa cemas atau stres.

Namun jika sangat terpaksa harus membawanya, maka usahakan kamu dapat menenangkan kucing kesayanganmu terlebih dulu. Mungkin, dengan kamu membawa benda yang biasa bersamanya atau sering dimainkannya, dapat sedikit membuat kucingmu tenang sebab setidaknya terdapat bau miliknya pada benda tersebut. Bau tersebut juga sebagai penanda bahwa kucingmu masih berada dalam territorynya.

2. Memberinya perhatian yang berlebihan

memperhatikan kucing lucu

https://www.flickr.com/photos/53921113@N02/5452598947/

Jika kucing peliharaanmu lucu, sudah pasti akan mengundang perhatian tiap kali teman atau saudara berkunjung dan melihat kucingmu. Mereka, atau bahkan kamu sendiri mungkin akan menggendong, mengelus, memeluk seakan tak ingin melepaskannya karena kucingmu begitu menggemaskan.

Ternyata, perlakuan yang berlebihan dapat membuat kucing tidak suka. Karena dia juga memiliki keinginan untuk melakukan kegiatan pribadi yang disukai seperti bermain atau bermalas-malasan di siang hari.

3. Membelainya terlalu keras

kucing marah dibelai terlalu keras

https://www.flickr.com/photos/tomascosauce/14119313675/

Ketika catlovers merasa gemas terhadap kucing peliharaan yang lucu, terkadang secara tidak sadar maksud belaian yang lembut malah berubah menjadi sentuhan yang cukup keras dan terasa kasar bagi si kucing. Ulah tersebut dapat memancing insting berkelahinya. Ia akan melakukan self defence seiring dengan perlakuan “kasar” yang ia rasakan. Tidak usah heran jika si kucing akan mencakar kamu kemudian kabur.

4. Mengusapnya pada bagian perut

mengusap perut kucing

https://www.flickr.com/photos/theogeo/1117473299/

Jika kamu masih dalam masa penjajakan dengan kucing peliharaan yang baru, jangan pernah mencoba mengusap bagian perutnya. Apa sebab? Perut merupakan bagian sensitif dari tubuh kucing.

Pada bagian ini, bulu biasanya tumbuh tipis atau bahkan tidak ada sama sekali, dan ini dianggap sebagai kelemahan yang harus dilindungi. Oleh sebab itu, jika kamu sentuh, maka dia akan menepis tanganmu dengan keempat kakinya sambil mencakar. Kecuali kucing yang telah benar-benar dekat denganmu, biasanya mereka justru meminta diusap hingga bagian perut.

5. Memandikannya

memandikan kucing hitam

https://www.flickr.com/photos/reiver/2258501375/

Kedinginan, mungkin itu yang menjadi alasan mengapa kucing paling tidak suka mandi. Air merupakan hal yang dia hindari. Lagipula, kucing memiliki kebiasaan self grooming untuk membersihkan diri dengan menggunakan lidahnya. Tetapi jangan khawatir catlovers, kucing akan terbiasa dengan suhu air apabila diperkenalkan mandi sejak kecil dan menjadi rutinitas.

6. Tidak cukup memberi perhatian

kurang memberi perhatian

https://www.flickr.com/photos/kingautmanthe3rd/6653002613/

Kucing adalah hewan yang manja sehingga senang dimanja dan diperhatikan sewajarnya. Kadangkala catlovers terlalu sibuk sehingga hanya sempat memberi makan saja. Jika perlakuan ini terulang terus dan berlarut-larut, tidak menutup kemungkinan membuat si kucing jadi agresif dalam mencari perhatian atau sebaliknya, menjadi pemalas akut yang kegiatannya hanya tidur dan makan. Jika demikian, kucing tersebut akan mengalami obesitas.

BACA JUGA  Inilah Alasan Mengapa Kucing Sphynx jadi Kucing Termahal di Dunia

Kucing juga pencemburu, lho. Ketika kamu sedang asyik bercengkrama dengan teman atau pasangan, dia akan menghampiri dan meminta berada ditengah-tengah kamu demi mendapatkan perhatian.

7. Terlalu berisik

Kucing adalah hewan yang mudah kaget. Dia tidak suka ada suara berisik atau bising. Jika dia mendengar hal-hal yang mengganggunya, maka kucing akan spontan berlari atau bahkan apabila kucing itu pemberani, dia akan menyerang sumber suara berisik tersebut.

Hal ini pernah terjadi pada seorang baby sitter yang tanpa sengaja menjatuhkan gelas hingga pecah. Ia diserang secara masif oleh induk kucing yang berada di rumah pemiliknya. Peristiwa serangan tersebut dapat kamu lihat dalam video di sini.

Hal unik lainnya adalah ketika majikannya mandi, kucing akan menunggu di depan pintu hingga majikannya selesai. Dia lakukan hal demikian karena kucing tidak suka suara berisik yang berasal dari keran sehingga dia cenderung khawatir dengan majikannya yang ada di dalam kamar mandi. Hmm…. ternyata kucing yang kamu sayang bisa menjaga kamu juga, ya?

8. Memotong kukunya

memotong kuku kucing

https://www.flickr.com/photos/alexyo1968/5206814366/

Memanusiakan hewan pasti sulit. Seperti halnya merawat kucing dengan rutin menggunting kukunya. Secara hewani, kuku merupakan senjata si kucing untuk mempertahankan diri. Sudah pasti, seekor kucing tidak akan suka jika kukunya digunting.

Jika kamu tetap bersikeras menggunting kuku dengan alasan tertentu, maka kamu bisa melakukannya saat kucing yang kamu sayang tertidur, atau dengan membuatnya sibuk seperti mengoleskan mayonaise di hidung, untuk mengalihkan perhatiannya. Kucing yang kamu sayang akan terbiasa digunting kukunya jika rutin dilakukan sejak kecil.

9. Menyisir bulunya

menyisir bulu kucing hitammenyisir bulu kucing hitam

https://www.flickr.com/photos/snigl3t/6293799723/

Terutama pada kucing yang kamu sayang dengan bulu panjang dan lebat, sebagian besar dari mereka enggan untuk disisir. Rasa sayang kamu terhadap kucing mungkin membuatmu ingin menyisir bulu kusutnya, tapi kucing tidak nyaman dengan hal itu, kecuali jika terbiasa disisir sejak kecil.

10. Ada hewan lain masuk territorynya

kucing berkelahi

https://www.flickr.com/photos/morton/3137980339/

Apapun atau siapapun yang masuk daerah kekuasaan si kucing, maka bersiaplah untuk ‘diperangi’. Ini merupakan insting alamiah yang dimiliki kucing yang kamu sayang, mirip dengan saudara jauhnya seperti macan, harimau dan singa. Tentu saja, hanya orang-orang yang biasa dekat dengannya yang boleh berada di area territorynya.

11. Memberinya makanan yang berasa manis

Seekor kucing tetaplah kucing, sekalipun dia berada di tengah-tengah manusia tetap saja hal-hal alamiah yang dimiliki sulit atau bahkan tidak akan bisa hilang dari dirinya. Seperti halnya makanan. Jika manusia cenderung suka dengan rasa manis, berbeda dengan kucing. Mereka tidak menyukai rasa manis.

Ketidaksukaannya bukan tanpa alasan, rasa manis dapat menyebabkan kucing alergi atau muntah. Dia lebih memilih mengunyah rumput-rumputan yang mungkin rasanya hambar atau pahit, kucing juga suka makanan yang memiliki sedikit kandungan karbohidrat.

BACA JUGA  5 Cara Jitu Merawat Kucing Kampung Yang Layak Kamu Coba

12. Tempat yang kotor untuk istirahat dan buang air besar

Kucing merupakan salah satu hewan yang suka kebersihan. Ketika dia mendapati kandang atau litter boxnya kotor, maka dia akan mencari tempat yang lebih bersih. So, kamu jangan heran jika ada kucing yang lebih nyaman bercengkerama di tempat tidur atau sofa yang bersih. Kucing juga akan mencari tempat baru untuk membuang kotorannya, bila tempat sebelumnya dianggap kotor. Jadi, dia tidak akan membuang kotoran ditempat yang sama.

13. Mencampur kucing dewasa dengan kucing kecil

Jangan sekali-kali menyatukan kucing dewasa terutama kucing jantan dengan kucing kecil atau anak kucing sebab si kucing dewasa tidak akan segan mengusir si kucing kecil bahkan melukainya. Kecuali dengan induknya, kucing kecil tidak terlalu aman jika berada dekat dengan kucing dewasa lain. Belum ada penelitian yang mendalam tentang penyebab ketidaksukaan tersebut.

14. Barang-barang yang terlalu rapi

Entah bermaksud mencari perhatian atau sekedar bermain-main, kucing yang kamu sayang mungkin di satu sisi sangat menyukai kebersihan, namun di sisi lain dia suka membuat barang-barang yang telah rapi menjadi berantakan.

15. Menyalakan lilin

Mungkin ini sekedar upaya preventif. Ketika kamu menyalakan lilin, dikhawatirkan kucing akan menghampiri dan berusaha menyentuhnya (dalam konteks yang sulit untuk dijelaskan apakah dia tidak suka atau menganggap mainan). Jika api lilin tersebut menyentuh dia, tentu saja akan melukai kucing yang kamu sayang.

16. Terlambat bangun

Kucing paling tidak suka jika kamu bangun kesiangan. Dia akan terus mengeong dan berusaha membangunkan kamu. Mengapa? Jawabannya karena dia lapar.

17. Membuang kotak

Kucing tidak akan suka jika melihat kamu membuang kotak kardus, sebab mereka lebih senang memainkan kotak kardus tersebut daripada mainan mahal yang mungkin sengaja kamu belikan untuk kucing yang kamu sayang.

18. Menyentuhnya pada badan bagian belakang

Jika kamu coba sentuh badan kucing bagian belakang, dia akan segera menyingkirkan tanganmu dengan kedua kaki belakangnya.

19. Memegang kedua kaki depan maupun kaki belakang

Kucing juga tidak suka disentuh atau dipegang kedua kaki depan secara bersamaan begitu pula dengan kedua kaki belakang secara bersamaan. Menurut kucing menyentuh kaki belakang tidak sopan. Dia akan segera berontak apabila kamu lakukan itu, kecuali jika disentuh salah satu kakinya saja dengan lembut dan penuh kasih sayang, maka dia tidak akan terlalu menolak.

20. Menyentuh ekornya

Menyentuh ekor kucing juga sebaiknya kamu hindari, sebab kucing merasa tidak nyaman. Biasanya dia akan mengibaskan ekornya saat kamu sentuh.

Jika hal-hal yang dibenci kucing di atas kamu anggap merupakan kebaikan untuknya, kamu butuh kesabaran serta ketelatenan dalam membiasakan perawatan tersebut. Sebagian dari hal di atas, apabila dibiasakan, tidak akan membuat kucing kesayanganmu marah. Namun, tetaplah memberi perlakuan yang wajar dengan memperhatikan aspek hewani mereka! Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *