Inilah Foto 10 Kucing Termahal di Dunia

Kamu suka kucing? Suka berfoto bareng kucing? Kucing apa yang kamu sukai, anggora, Persia, atau cukup kucing kampung biasa? Tahukah kamu ada kucing-kucing berharga super duper mahal bahkan sampai mengalahkan harga mobil baru? Wah, kalau mereka sampai hilang, harus dicari sama detektif hewan macam Ace Ventura tuh, hehe. Bisa jadi buat bayar detektifnya lebih hemat daripada harga kucingnya sendiri.

Wuidiiih, apa sih yang membuat harga mereka mahal? Terus, di kisaran berapa harganya? Oke, simak yuk 10 kucing termahal di dunia beserta gambarnya berikut. Siapa tahu kucing favoritmu termasuk dalam daftar.

10. Maine Coon ($1.000 – $2.000)

kucing maine coon

https://www.flickr.com/photos/isasza/8939100613/

Kucing ini diklaim menjadi kucing ras asli Amerika, yang berasal dari negara bagian Maine, Amerika Serikat. Ada pula yang percaya jika Maine Coon merupakan peranakan dari ras Anggora dan Norwegian Forest. Terlepas dari asal usul nenek moyangnya, kucing ini saat dewasa memiliki postur tubuh tinggi besar dan berotot kuat. Tingginya bisa mencapai 1 meter. Kepribadiannya yang independen, aktif dan senang berada dekat dengan manusia terutama pemiliknya, membuatnya menjadi pilihan banyak pencinta kucing untuk dipelihara.

9. Russian Blue ($350 – $3.000)

kucing russian blue

https://www.flickr.com/photos/dstrelau/5911067786/

Kucing mahal yang berada di posisi ke-9 ini diyakini sebagai jenis langka yang terbentuk secara alami dan diduga kuat berasal dari kota Arkhangelsk, Rusia. Seperti juga namanya, Russian Blue ini selain dari Rusia juga memiliki warna biru abu-abu. Jika tepat perawatannya, usia kucing ini bisa mencapai 10 – 15 tahun. Russian Blue juga termasuk kucing yang tidak rewel alias jarang mengeong, cenderung berbadan sehat sehingga cukup tahan terhadap penyakit. Selain itu, Russian Blue merupakan kucing yang bisa hidup berdampingan dengan hewan peliharaan lainnya.

8. Scottish Fold ($500 – $3.000)

kucing scottish fold

https://www.flickr.com/photos/eviltomthai/3590493912/

Di tempat ke-8 ada Scottish Fold, si kucing dengan daun telinga yang menutup. Selain unik dan lucu, Scotish Fold yang ditemukan pertama kali tahun 1961 di Perthshire, Skotlandia ini juga tergolong kucing ramah, tenang dan bersahabat baik dengan hewan peliharaan yang lain maupun dengan manusia. Cocok sekali untuk menemani anak-anak bermain karena karakternya juga senang bermain. Keunikan lainnya adalah kucing ini dapat melakukan “Posisi Budha” yaitu posisi duduk dengan kedua kaki depan berada di perut sedangkan kedua kaki belakang menyelonjor.

BACA JUGA  Ingin Tahu Jenis Kucing Peliharaan Terpopuler dan Berapa Harganya? Ini Pembahasannya

7. Sphynx ($300 – $3.000)

kucing sphynx

https://www.flickr.com/photos/weimar_meneses/6824850108/

Kucing ini memiliki karakter yang cerdas dan sangat lincah. Pantas ya, penampilannya ramping dan cenderung kurus karena senang memanjat, banyak bergerak. Sphynx terlihat gundul disebabkan mengalami mutasi genetik sehingga tampak tanpa bulu. Padahal sebenarnya kucing ini masih memiliki bulu namun tipis sehingga kulitnya terlihat merah muda. Sebenarnya ada pula kucing ras ini yang berwarna lain. Sphynx bisa mengalami kepanasan jika terlalu lama berada di bawah sinar matahari. Perawatan kucing ini memerlukan perhatian khusus yang berbeda dari kebanyakan kucing ras lainnya.

6. Manx ($800 – $4.000)

kucing manx

https://www.flickr.com/photos/69302634@N02/13906517282/

Kucing termahal ke-6 ini berasal dari Isle of Man di kepulauan Inggris. Kucing Manx merupakan kucing ras tertua yang pertama kali dicatat pada tahun 1908 oleh Cat Fanciers’ Association (CFA). Keunikan dari kucing ini terletak dari ekornya yang pendek. Warna bulu kucing Manx cenderung variatif dan bercorak, sedangkan warna putih polos pada jenis kucing ras ini sangat langka.

5. Peterbald ($1.000 – $5.000)

kucing peterbald

https://www.flickr.com/photos/fancythis/2417965540/

Selain lucu, kucing ini memiliki karakter yang riang, penyayang, penuh rasa ingin tahu, cerdas dan aktif. Peterbald memiliki penampilan seperti Sphynx karena merupakan hasil breeding antara Don Sphynx jantan dan kucing Oriental Shorthair betina di St. Petersburg, Rusia pada tahun 1994. Namun, kerentanannya terkena kelainan genetik membuat kucing jenis ini masih belum diakui oleh sebagian Cat Registry.

4. Persian ($5.000 – $6.000)

kucing persian

https://www.flickr.com/photos/seat850/3342296904/

Kucing rumahan? Kucing Persia jawabannya. Kucing persia selain harganya mahal ternyata juga terkenal ke manca negara termasuk juga Indonesia. Kucing Pesia disukai karena karakternya yang tenang, manja, tidak berisik dan dikenal dekat dengan anak-anak. Keunggulan yang lain adalah mudah beradaptasi di berbagai tempat. Kucing ini adalah jenis kucing tertua yang ditemukan di Persia (Iran) sekitar tahun 1.600 SM.

3. Savanah ($15.000 – $35.000)

kucing savanah

http://purrfectcatbreeds.com/wp-content/uploads/2014/06/savannah-cat3.jpg

Kucing ini merupakan hasil persilangan antara kucing domestik dan serval. Semakin mirip serval maka semakin mahal-lah harganya. Selain cantik dan terlihat “sangar” dari corak bulunya yang mirip macan tutul, Savanah adalah kucing cerdas dan setia, bahkan kesetiaannya digadang-gadang menyerupai kesetiaan seekor anjing.

BACA JUGA  8 Penyebab Bulu Rontok Pada Kucing Peliharaan

2. Bengal ($1.000 – $45.000)

kucing bengal

https://www.flickr.com/photos/flem007_uk/7889735416/

Selain savanah, kucing yang memiliki corak bulu jauh lebih mirip dengan macan tutul asia adalah Bengal. Kucing Bengal yang merupakan persilangan antara American Shorthair dan Asian Leopard Cat ini memiliki sifat liar. Kucing ini dikenal suka dengan air. Dia juga termasuk kucing yang aktif dan cerdas.

1. Asheera ($20.000-$125.000)

kucing asheera

https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/736x/24/14/31/241431d974f82b44cd6f527bb721ea90.jpg

Di posisi puncak adalah Asheera. Meski masih dalam perdebatan masalah DNA, hal itu tidak merubah posisinya sebagai kucing termahal sejagat. Keunikannya terdapat pada corak bulu gabungan antara belangnya harimau dan spot macan tutul. Kucing ini hasil kawin silang antara kucing domestik, serval Afrika dan kucing hutan Asia. Penjualnya mengaku bahwa kucing ini merupak jenis kucing anti alergi atau tidak akan menyebabkan alergi (Hipoalergenik) pada siapapun. Motif macan salju menjadi kucing Asheera termahal yang pernah dijual. Harganya mencapai $125.000. Wow, fantastis!

Itulah kesepuluh ras kucing termahal di dunia. Harga yang mahal kemungkinan dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti:

  • Keaslian ras (bukan peranakan).
  • Jumlah ras di seluruh dunia (jenis langka atau umum).
  • Keunikannya dari mulai bentuk wajah, hidung, warna, dan sebagainya.
  • Perawatannya, semakin sulit perawatannya, maka semakin mahal pula harga jualnya.

Jika kamu tetap ingin memiliki kucing ras dari luar, Angora bisa jadi pilihan. Ras angora asli usia 3 bulan dibandrol dengan harga sekitar Rp 6.000.000 – 7.000.000 (sekitar $400 – $500), untuk usia 6 bulan harganya berkisar antara Rp 12.000.000 – Rp 15.000.000 (sekitar $800 – $1.000).

Harga tersebut untuk Angora yang sudah divaksin. Jika kamu telaten merawatnya, terbuka kemungkinan kucing Anggora peliharaanmu naik harganya, terlebih jika Angoramu jadi juara cat show, sepertinya akan ada yang rela mengeluarkan koceknya berapapun untuk Anggoramu. Selain itu Angora yang cantik bisa jadi bintang iklan atau foto model lho. Pada dasarnya, apapun jenis kucingnya akan tambah lucu, imut, menggemaskan jika kamu telaten merawatnya.

There is 1 comment for this article
  1. Pingback: Inilah Alasan Mengapa Kucing Sphynx jadi Kucing Termahal di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *