12 Fakta Menarik dan Unik Tentang Kucing Peliharaan

Kucing merupakan salah satu hewan yang paling sering dipelihara oleh manusia, selain karena sifatnya yang jinak (kecuali kucing liar), kucing juga memiliki sifat-sifat serta perilaku khusus yang lucu dan sangat menarik untuk diperhatikan, berikut ini adalah 12 Fakta menarik dan unik tentang kucing sebagai hewan peliharaan:

  1. Kucing pada dasarnya merupakan hewan yang sangat menyukai kebersihan, salah satu perilaku perawatan diri mereka adalah dengan menjilati rambut mereka dengan menggunakan liurnya. Air liur kucing merupakan agen pembersih yang baik dan kuat, namun memang bagi beberapa orang bisa menimbulkan alergi yang efeknya tidak baik. Kucing juga terkadang memuntahkan gulungan rambut (hairball) yang terkumpul di dalam perutnya.
  2. Sensor syaraf perasa pada kucing rupanya hanya sedikit, ini menyebabkan lidah kucing tidak dapat merasakan makanannya. Sebagai perbandingan, manusia punya 9000-an syaraf perasa di lidah sedangkan kucing hanya memiliki sekitar 470-an saraf perasa di lidahnya. Inilah yang membuat kucing sering membaui makanannya sebelum dimakan, karena nafsu makan seekor kucing berasal dari bau makanan bukan rasanya.fakta tentang kucing
  3. Bila kucing Anda sesekali menggosokkan badannya ke badan atau kaki Anda, itu artinya ia dengan sukarela menyerahkan dirinya sebagai peliharaan Anda dengan cara menandai Anda dengan bau badannya sendiri.
  4. Di negara kita Indonesia, suara kucing sering dituliskan dengan “Meong”. Dalam English yang digunakan di negara Amerika, suara kucing dituliskan dengan “Meow”. Kemudian di negara Inggris sendiri, suara kucing dituliskan dengan “Miaow”. Lain lagi kalau bahasa Jepang, suara kucing sering dituliskan dengan “Nya”.
  5. Salah satu cara kucing menyimpan eneerginya adalah dengan tidur lebih sering jika dibandingkan dengan hewan lain. Kucing bisa tidur antara 12-16 jam per hari, dengan rata-rata 13-14 jam sehari. Namun, pada beberapa kucing juga banyak ditemukan yang tidurnya selama 20 jam setiap harinya.
  6. Jika Anda iseng dan ingin membandingkan usia kucing dengan manusia, maka mulailah dari usia 20 tahun manusia sebagai tahun pertama untuk kucing. Setelah itu tambahkan usia manusia sebanyak 4 tahun untuk setiap tahun usia kucing. Contohnya: jika Anda memiliki kucing yang berusia 4 tahun berarti sekarang usianya setara dengan 20 tahun manusia (1 tahun kucing) + 3 tahun kucing dikalikan dengan 4, sehingga ditemukan perhitungan 20 tahun + 12 tahun manusia jadi bila kucing Anda berusia 4 tahun setara dengan usia manusia 32 tahun.
  7. Kucing memiliki tubuh yang sangat lentur, kaki depan kucing bisa diputar ke segala arah dan bagian tubuhnya pun dapat bergerak ke arah yang berlawanan.
  8. Kucing mendengkur atau biasa disebut purring ternyata tidak selalu menunjukkan kucing Anda dalam keadaan nyaman, karena kucing juga akan melakukan hal yang sama hanya saja lebih keras saat merasa stres atau sedang merasakan sakit.
  9. Anda pernah melihat kucing yang memakan rumput? Hal tersebut rupanya bertujuan untuk memperbaiki sistem pencernaannya dan membantu mengeluarkan rambut yang ikut tertelan saat membersihkan badannya yang kemudian menumpuk di lambung.fakta kucing makan rumput
  10. Kucing memiliki 5 jari pada kaki depannya dan memiliki 4 jari di kaki belakangnya. Namun ada juga kucing yang terlahir dengan 6 atau 7 jari pada kaki depan dan beakangnya, untuk jenis ini disebut dengan polidaktil.
  11. Usia kucing yang dipelihara dengan baik di rumah bisa mencapai 16 tahun, namun kucing yang hidup liar di luar rumah hanya bertahan sekitar 3-5 tahun saja.
  12. Pada kondisi gelap total rupanya kucing tidak dapat melihat, namun pada malam hari dengan cahaya yang sangat sedikit penglihatannya jauh lebih tajam daripada penglihatan manusia. Hal ini dikarenakan kucing memiliki lapisan yang merefleksikan cahaya yang biasa disebut dengan taptetum, fungsinya untuk meningkatkan cahaya yang masuk ke dalam retina matanya.
BACA JUGA  Kucing Ini Mencoba Membangunkan Temannya Yang Terbaring di Tepi Jalan, Namun Kenyataannya akan Membuat Kita Semua Sedih

Inilah informasi mengenai fakta menarik tentang kucing yang bisa kami sajikan untuk Anda, ikuti terus tulisan-tulisan terbaru dari meongku, dan semoga Anda bisa menjadi penyayang kucing dengan wawasan yang luas. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *