Ciri-Ciri Kucing Persia yang Perlu Kamu Ketahui

Kucing Persia berasal dari Persia (meliputi wilayah Iran dan Afganistan). Para pelaut Eropa membawanya ke wilayah-wilayah di Eropa. Siapa sangka kucing jenis ini sangat disukai kalangan bangsawan di Eropa. Hingga kini Kucing Persia tetap menjadi primadona bagi para pecinta kucing dan menduduki peringkat yang tinggi. Wajahnya yang lucu dan menggemaskan membuat orang-orang ingin memeliharanya. Apakah anda tertarik untuk memilikinya? Sebelum membuat keputusan ada baiknya anda mengetahui ciri-ciri Kucing Persia, agar tidak tertipu saat membeli.

Ciri-ciri Kucing Persia:

1. Bulu

Kucing Persia yang berbulu panjang disebut longhaired persia, bulu-bulunya panjang, dengan panjang rata-rata 5-15 cm. Lebat, terasa lembut saat disentuh, terlihat mengembang dan menutupi seluruh tubuh, kecuali wajah. Sedangkan Kucing Persia yang berbulu pendek disebut exotic short.

ciri-ciri kucing persia

sumber gambar: flickr.com

 

2. Kepala

Kepala Kucing Persia termasuk besar dengan wajah yang bulat. Tulang rahangnya kokoh, tulang pipi juga menonjol. Sementara dahi, hidung dan dagunya tegak lurus. Lehernya tebal dan pendek.

3. Warna

Warna bulu Kucing Persia, semakin lama semakin bervariasi. Seiring dengan semakin kreatifnya para peternak kucing menyilangkan warna. Ada beberapa jenis warna dasar pada Kucing Persia:

BACA JUGA  Besaran Biaya untuk Seekor Kucing Anggora

a. Hitam.

b. Cokelat.

c.  Cokelat muda.

d. Kuning tua.

Selain warna-warna dasar ada beberapa warna lain, yaitu:

a. Perak dan keemasan

b. Shaded and smoke, warna dasarnya gelap, atau seperti lapisan asap putih.

c.  Bicolour, terdiri dari dua warna.

4. Hidung

Kucing Persia dikenal dengan kucing berhidung pesek, ukurannya kecil tapi melebar dan selalu mendongak ke atas. Di bagian pangkalnya seperti ada garis belahan.

5. Kaki

Kaki Kucing Persia terlihat pendek, tebal, dan kokoh menopang tubuhnya yang cenderung gemuk. Telapak kakinya besar dan datar, ototnya kuat, pijakannya mantap. Saat berjalan Kucing Persia tampak malas-malasan. Berbeda dengan Kucing Anggora yang lebih gesit.

Baca juga Perbedaan kucing Persia dan Anggora

6. Badan

Badannya yang gemuk dan bulat tampak menggemaskan. Dada dan pundaknya lebar, perut bagian belakang lebih rendah, dengan keempat kaki yang pendek. Kucing tipe ini sering disebut sebagai kucing tipe coby.

7. Telinga

Telinga Kucing Persia tidak terlalu tinggi, miring ke depan dan berujung tumpul dengan bagian bawahnya melebar.

8. Mata

Matanya bulat lebar, dan warnanya sesuai dengan warna bulunya. Kucing Persia jenis colourprint kedua warna bola matanya biru. Sedangkan pada jenis chincilia, perak dan emas biasanya bola mata berwarna hijau. Pada jenis kucing berwarna putih kedua bola mata berbeda warna.

BACA JUGA  Mengenal Kucing Persia Berbulu Pendek yang Unik

9. Cakar

Hampir semua kucing suka mencakar benda di sekitarnya, begitu juga dengan Kucing Persia. Kucing ini memiliki cakar yang besar dan kuat. Kaki bagian belakang memiliki empat jari, sedangkan kaki bagian depan memiliki lima jari.

10. Ekor

Ekornya lurus, tebal. Panjangnya kira-kira setengah dari tubuhnya. Pangkalnya tidak kaku dan posisi lebih rendah dari punggung.

11. Sifat

Sifatnya yang tenang, mudah diatur dan cepat beradaptasi membuat kucing jenis ini digemari untuk dijadikan peliharaan. Suaranya lembut saat mengeong, senang bermanja-manja, sering terlihat lama dan betah duduk diam di satu tempat. Kucing ini sangat cocok untuk hidup di dalam rumah.

Baca juga Tips Mengatasi 2 Kebiasaan Buruk Kucing Persia Anda

Nah, bagaimana? Setelah membaca penjelasan di atas anda tidak perlu bingung memilih kucing yang akan menjadi hewan kesayangan. Pastikan Kucing Persia yang anda pilih benar-benar memiliki ciri-ciri Kucing Persia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *