Cara yang Aman dan Baik dalam Ternak Kucing Persia

Saat ini banyak orang yang menggeluti hobi sebagai bisnis yang cukup menguntungkan dan salah satunya adalah hobi memelihara kucing kemudian di kembang biakan dan menjadi suatu bisnis. Kali ini yang akan di bahas adalah cara ternak kucing persia. Tentunya bagi para pecinta kucing persia sudah mengetahui dasar-dasar untuk merawat dan ternak kucing jenis ini kan? pastinya sudah dong. Kegiatan seperti ini sudah merajalela di kalangan masyarakat Indonesia dan peluang bisnis yang akan di dapat pun cukup menggiurkan. Namun banyak hal yang perlu di perhatikan dalam cara beternak jenis persia ini dan akan kita share berbagai langkah yang aman dan baik dalam cara ternak kucing persia dan bagi teman-teman yang ingin menjadikan  hobi ini sebagai peluang usaha.

Sifat dari kucing persia

Kucing jenis ini merupakan jenis kucing yang sangat pemalas. Jadi untuk merawat kucing persia dibutuhkan kerja yang lumayan keras. namun walaupun kucing ini suka bermalas-malasan tapi lebih cerdas dibandingkan kucing kampung.

Persiapan kucing persia untuk dikawinkan

Ada beberapa cara untuk menyiapkan perkawinan kucing persia. Tidak sama dengan jenis kucing yang lainnya karena kucing jenis ini agak sedikit rumit dalam memilih pasangannya. Anda harus membiarkan kucing ini memilih pasangannya secara alami. Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah jangan menyatukan kedua indukan kucing ini dalam satu kandang, yang artinya harus dalam kandang yang berbeda namun anda letakkan dalam satu ruangan namun jangan terlalu dekat dan terlalu jauh.

Biarkan kucing ini mengenali pasangannya secara natural dengan cara saling melihat dan memperhatikan satu sama lain. Setelah beberapa hari anda dapat mendekatkan kedua kandang kucing indukan ini, ingat! hanya didekatkan bukan dijadikan dalam satu kandang. Apabila anda melihat beberapa respon positif setelah beberapa hari dari kedua pasangan ini mulailah untuk tempelkan kandangnya. Apabila anda melihat respon positif seperti menempelkan tubuhnya,mencium, menjilat segera buka kandangnya, biarkan kedua kucing tersebut bermain dalam ruangan tersebut.

BACA JUGA  Waspadai Bulu Rontok pada Kucing Anda

Siapkan minuman dan makanan yang cukup untuk kedua kucing ini dan buka sedikit pintu ruangan tersebut untuk si kucing jantan keluar dari ruangannya, karena dalam proses perkawinan si betina akan merasa kesakitan dan akan mengusir keluar si jantan agar menjauh namun keduanya akan melakukan perkawinan kembali sampai sempurna pembuahannya. Lakukan hal seperti ini agar kucing ini dapat dikawinkan dengan baik.

Cara mengawinkan kucing persia

Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dan ini adalah tipsnya. Pertama adalah memilih warna bulu dari indukan kucing persia yang akan di kawinkan, karena sangat menentukan kualitas bulu anakan yang akan di hasilkan. namun kucing ini dapat juga di kawinkan dengan ras dari kucing lain, biasanya adalah kucing dari ras anggora. Silangkan persia betina dengan anggora jantan agar lebih mudah dalam peroses perkawinan. Satu minggu sebelum kedua ras kucing tersebut di kawinkan harus di periksa ke dokter untuk memastikan bahwa keduanya benar sehat dan tidak ada penyakit apapun kemudian pilihkan tempat yang bersih untuk tempat perkawinannya.

Perawatan kucing persia

Persian cat,sitting in front of white backgroundAda beberapa cara yang mudah untuk merawat kucing persia, tetapi anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja yang bisa menyebabkan kucing persia terserang penyakit. Hal yang biasanya menjadi masalah adalah bulu kucing yang panjang bisa tertelan. Sejatinya kucing memang suka menjilati bulunya dan itu adalah bagaimana bulu bisa tertelan, atau biasa juga disebut hairball atau bola rambut.

Untuk mengatasinya adalah campurkan margarin dalam makanan kucing, cara di maksudkan agar hairball yang tertelan dapat dikeluarkan atau juga dapat membeli pasta yang ada di toko hewan. Namun sejatinya kucing akan memakan rumput untuk memuntahkan hairballnya. Tetapi apabila kucing persia anda sudah mengalami batuk dan gangguan pernapasan seperti susah bernapas, batuk-batuk dan juga sering muntah itu menandakan hairball atau bola rambut sudah membesar, kemudian gangguan pada kulit yaitu seperti gatal pada kulit dan sebaiknya di bawa ke dokter hewan untuk segera di operasi.

BACA JUGA  Makanan untuk Kucing Anggora yang Sehat Tanpa Mahal

Makanan kucing persia

Kucing jenis persia ini harus diperhatikan karena mempunyai perut yang sensitif. Makana yang baik untuk kucing jenis ini adalah daging mentah yang sehat seperti  daging sapi yang sehat atau daging ayam yang di giling agar mudah untuk dicerna. Kucing jenis ini harus diberika seperti itu karena harus di buat mirip seperti makanannya di alam liar, sehingga tidak mudah memuntahkan makannya.

Kandang dan tempat bermain

Kucing jenis ini sangat menyukai kebersihan dan tidak menyukai tempat yang kotor. Anda harus benar-benar memperhatikan kandangnya seperti rajin membersihkan kandangnya, memastikan sirkulasi udara cukup dan memberikan minum dan makanan bersih dan cukup. Sama dengan hal kandang tempat bermain kucing jenis ini puun perlu diperhatikan yaitu dijauhkan dari benda atau apapun yang dapat menyebabkan kucing ini keracunan.

Suhu kelembaban juga hal harus diperhatikan karena juga dapat membuat tidak nyaman pada kucing persia, suhu kelembaban harus jangan lebih dari 24 derajat celcius. Dan anda juga selain harus wajib merawat kandang dan tempat bermain, anda juga wajib  memandikan kucing ini dan juga membersihkan bulu kucing ini dengan cara di sisir.

Demikianlah tips untuk ternak kucing persia dan cara merawatnya agar dapat dapat dikembang biakkan dengan baik dan juga menjadi usaha yang baik untuk anda. Semoga bermanfaat untuk semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *