Cara  Sukses Mengawinkan Kucing Persia Kesayangan

Seperti namanya kucing Persia, merupakan kucing yang berasal dari Persia, nama kuno Iran. Kucing ini menjadi sangat diminati baik untuk peliharaan atau dibudidayakan sebagai lahan bisnis. Pembudidayaan dapat berhasildimulai dengan cara mengawinkan kucing Persia dengan benar. Sering kali, kita merasa telah mengawinkan kucing Persia dengan sempurna tetapi ternyata tidak hamil setelah beberapa waktu.

Kucing dengan ciri khas bulu panjang, indah, lembut dengan hidung pesek ini, sekarang telah menjadi lahan bisnis yang menjanjikan. KUcing-kucing Persia yang dibudidayakan selama ini tergolong langka dan berharga jual tinggi. Untuk anda yang berminat membudidayakan atau menambah koleksi kucing Persia, dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini, tentang cara sukses mengawinkan kucing Persia :

Usia, kucing Persia jantan dan betina

Kucing Persia jantan dan betina sama-sama bisa dikawinkan saat usia 1 tahun lebih, namun sebelumnya mereka harus sehat, sudah di vaksinasi dan tidak menunjukan tanda penyakit apapun. Termasuk penyakit mata karena kucing Persia rentan dengan penyakit mata.

BACA JUGA  9 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Jual Kucing Anggora Murah

Fase Perkenalan (Gunakan Kandang Terpisah)

mengawinkan kucing

Untuk mengenalkan kucing Persia jantan dan betina pertama kali gunakan kandang terpisah. Letakan kucing jantan dan betina didua kandang berbeda lalu letakkan kedua kandang bersebelahan selama 2-3 hari. Ini dimaksudkan agar kedua kucing dapat saling memandang, sehingga saling  terbiasa jinak dan saling tertarik untuk merangsang satu dan lainya mencapai tanda birahi.

Fase Adaptasi (Gunakan Satu Kandang)

Seetelah kedua kucing terlihat terbiasa, maka anda dapat menyetukan keduanya dalam satu kandang besar. Kucing Persia akan menunjukan tanda birahi, kucing jantan seperti menjadi agresif, suara rendah, suka berguling-guling atau memanjat si betina. Kucing betina seperti mulai mengeong-ngeong, manja. Cirri-ciri tersebut menandakan kedua kucing siap dikawinkan

Proses Perkawinan Kucing

Sering kita melihat kucing sudah kawin ternyata tidak hamil, mungkin proses perkawinan si kucing yang tidak sempurna. Untuk meningkatkan kemungkinan berhasil proses mengawinkan kucing Persia   anda bisa membantu prosesnya. Caranya, saat musim kawin anda bisa membantu dengan membetulkan posisi kucing betina saat sedang kawin. Posisi yang salah seperti posisi si kucing miring tidak pas maka anda dapat merubah posisi betina agar benar, nyaman dan proses kawin terjadi hingga selesai sempurna. Tanda proses kawin terjadi sempurna, kucing betina akan mengerang keras seperti marah itu tanda proses kawin telah selesai sempurna.

BACA JUGA  Kucing Anda Muntah? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Keberhasilan mengawikan kucing Persia, bergantung pada kesehatan, usia yang cukup dan posisi saat perkawinan. Itulah sedikit bantuan yang berbentuk tulisan yang bisa kami bagikan di kesempatan ini, terkait proses mengawinkan kucing Persia. Semoga dapat membantu anda untuk menambah koleksi pribadi kucing Persia atau membudidayakannya. Semoga berhasil.

There are 5 comments for this article
  1. Deka I.T at 10:47

    Mau nanya, kucing saya sudah melewati kawin sempurna yg anda bilang, tpi kenapa setelah 1 setengah hari proses itu sang jantan tidak lagi bihari tetapi sang betina masih bihari.
    Tolong di balas Bapak/i, kirimkan k email saya, sebagai pemula saya ingin jawaban dari anda.
    Terimakasih.

  2. Shi Jin at 19:45

    Pak / bu.. saya mau nanya..kucing saya yg betina..sudah pernah kawin..dengan kucing lain..tetapi,kucing jantan saya
    Belum pernah kawin…tadi yg betina udah mulai birahi lagi…tapi,pas yang jantan mau mengawinkan,si jantan nya sepertinya tidak terlalu mahir..kalau begitu,solusi nya apa?

  3. badunk at 09:18

    kucing jantan saya sudah kawin dengan 4 betina.tapi ga satupun betina nya hamil.padahal posisi ud pas,ud mengerang keras n betina udh guling2.dan proses perkawinan lebih dr 1 minggu (diluar perkenalan termasuk dikandang bareng)
    bahkan ada yg sampe sebulan dikawin tp ga satupun hamil.
    kira2 penyebab nya apa n solusinya gmn

  4. Pingback: Seperti ini Cara Mengawinkan Kucing Persia yang Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *