Inilah Cara Merawat Kucing Agar Tidak Terkena Penyakit Kurap

Memelihara kucing kesayangan jangan sampai membuatnya justru menjadi malang karena keteledoran dalam merawatnya. Seperti halnya manusia, jika kurang pengetahuan terkait cara perawatan, malah memungkinkan kucing yang dipelihara terkena banyak penyakit. Kondisi lingkungan yang mulai kurang bersahabat dengan kesehatan, membuat kucing kesayangan rentan dengan penyakit-penyakit medium yang jika tidak ditangani dengan benar akan membuat nyawanya melayang. Salah satu penyakit kucing yang umum ditemui di lingkungan kita adalah penyakit kulit terutama kurap.

Kurap atau penyakit kulit pada kucing kesayangan kamu bisa disebabkan karena tertular dari kucing lain yang mengidap penyakit itu, atau bisa juga dari tanah yang terinfeksi di saat kucing sedang bermain. Kurap pada kucing muncul karena adanya jenis jamur microsporum canis, microsporum gypseum atau spesies trichopython. Selain pada kucing, jamur penyebab penyakit kulit pada kucing juga dapat menular pada manusia. Nah, sebelum penyakit kucing tersebut menginfeksi lingkungan sekitar, yuk kita kupas secara singkat tentang jamur penyebab kucing kurap dan cara mengatasinya!

Jangka Waktu Infeksi

infeksi pada kucing

https://www.flickr.com/photos/cefeida/5370449343/

Sebelum membahas lebih lanjut, perlu kamu ketahui bahwa aktivitas spora jamur penyebab penyakit kulit akan menginfeksi dalam jangka waktu hingga 24 bulan. Penyebaran spora dapat melalui tempat tidur, peralatan kucing, furniture, dan lainnya yang telah terkontak dengan hewan yang terinfeksi. Pertumbuhan jamur akan subur pada tempat atau lingkungan hangat dan lembab.

BACA JUGA  Waspada! 10 Penyakit Ini Dapat Membunuh Kucing Peliharaanmu

Kurang lebih sekitar 20% populasi kucing merupakan pembawa jamur namun tanpa tanda-tanda infeksi, yang dikenal dengan istilah asimtomatik (pembawa tidak mengetahui dan tidak menunjukkan gejala bahwa dirinya membawa penyakit). Kuncing yang rentan terhadap infeksi jamur adalah kucing berbulu lebat, kucing stress, dan kucing yang berusia di bawah 12 bulan.

Gejala

Kucing yang terinfeksi kurap dapat memperlihatkan tanda-tanda sebagai berikut:

  • Bulu rontok dan mengalami kebotakan di daerah sekitar kurap
  • Kurap umumnya berbentuk lingkaran pada anggota badan yang terinfeksi
  • Warnanya terlihat kemerahan
  • Menimbulkan rasa gatal
  • Kulit yang terkena infeksi tampak kering dan bersisik
  • Muncul seborrhea sicca, sejenis ketombe yang dapat diamati di daerah yang terkena terinfeksi

Cara Mengatasi

penyakit-kurap-pada-kucing

salmiahmatarof.blogspot.com

Jika terlihat adanya gejala sakit kurap pada kucing kamu, segeralah bertindak sebelum menyebar atau membuat keadaan semakin parah. Pada dasarnya, bila kucing sehat dan memiliki kekebalan tubuh baik, kurap akan hilang atau sembuh sendiri dalam waktu 2 atau 4 bulan. Namun, untuk mencegah penularan, kucing kurap harus diobati agar sembuh sepenuhnya. Adapun langkah yang dapat diambil dalam mengobati kucing kurap, adalah dengan menemui dokter hewan untuk membantu menyembuhkan kutu dan infeksi tungau Cheyletiella jika ada. Parasit ini dapat membuat kucing rentan terinfeksi kurap. Obat resep dokter yang diberikan kemungkinan adalah itrafungol yang berisi itraconazole atau obet infeksi jenis lainnya.

memandikan kucing dengan cairan anti kurap

https://www.flickr.com/photos/29638108@N06/15918523492

Dokter juga mungkin memberi saran pengobatan berupa terapi dengan cara memandikan kucing kurap menggunakan cairan tertentu. Untuk teknik ini, agar obat terserap secara optimal oleh kulit yang terinfeksi maka sebaiknya kucing yang memiliki bulu tebal atau panjang dicukur terlebih dahulu. Dianjurkan memandikan kucing yang terinfeksi sebanyak 4 – 6 kali selama sekitar 2 – 4 minggu. Kamu tidak perlu khawatir ketika bulu kucing kurap akan berubah menjadi kekuningan yang disebabkan reaksi kandungan kapur sulfur dalam shampoo anti kurap tersebut.

BACA JUGA  5 Hal Ini Dapat Menyebabkan Suara Kucing Anggoramu Hilang

Untuk mencegah terjadinya infeksi kurap pada kucing sebaiknya memerhatikan kebersihan lingkungan dan memberi vaksin pencegah kurap pada kucing kesayangan kamu. Semoga informasi ini dapat membantumu merawat kucing kesayangan dengan lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *