Cara Merawat Kucing Agar Selalu Sehat

Karakteristik kucing

Kucing merupakan hewan mamalia yang sangat populer di kehidupan manusia. Mengapa demikian? Banyak sekali manusia yang memelihara kucing sebagai teman bermain mereka. Kucing memiliki tabiat yang sangat unik karena hewan karnivora ini sangat manja kepada pemiliknya. Ada jenis kucing seperti anggora yang sangat menyukai tidur di pangkuan sang pemilik. Kucing sangat menyukai kebersihan seperti membuang kotoran di pasir, menjilati tubuhnya dan bagian-bagian yang kotor. Kucing sangat menyenangkan untuk diajak bermain dan sangat menggemaskan. Beberapa karakteristik kucing lainnya yaitu kucing mengeluarkan suara seperti dengkuran ketika kita mengelus dan memanjakannya. Kucing sangat menyukai belaian pada tubuhnya terlebih lagi pada bagian leher, kepala, telinga, dan dahi atau daerah mata.

Nah akan saya beritahu info merawat kucing agar tetap sehat dan menyenangkan saat bermain dengannya. Yuk simak ulasan lebih lanjut.

 

Cara merawat kucing

Bagi Anda yang tertarik untuk memelihara kucing maupun Anda yang sudah memiliki kucing sebagai peliharaan, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu cara merawat kucing yang baik dan benar. Berikut ini akan saya berikan info merawat kucing:

  1. Memberi makan kucing
BACA JUGA  Ternyata Cara Merawat Kucing Anggora Tidaklah Sulit

makanankucingLayaknya manusia, hewan peliharaan kita juga membutuhkan makanan untuk kelangsungan hidupnya. Walaupun kucing kita bisa mencari makan sendiri di luar, namun kita juga harus memberinya makan. Berilah makanan yang bergizi dan kenali makanan pantangan bagi kucing.

  1. Sediakan tempat kotoran kucing

Ini sangat penting, kucing adalah salah satu hewan yang menyukai kebersihan. Jika Anda tahu kebiasaan kucing rumahan, mereka akan membuang kotoran mereka di luar, biasanya di pasir. Mereka tidak suka membuang kotoran sembarangan kecuali kucing itu masih terlalu kecil. Jika kucing Anda tidak diperbolehkan keluar rumah, setidaknya sediakan bak pasir untuknya.

  1. Vaksinasi

Jika Anda termasuk orang yang memiliki kucing ras dan tidak murah, berilah perawatan berupa vaksinasi dengan membawanya ke dokter hewan.

  1. Merawat kebersihan kucing
BACA JUGA  Panduan Memilih Makanan Kucing Anggora Anakan

Mandikan kucing Anda minimal 2 minggu sekali dengan menggunakan shampo untuk kucing. Ini berguna untuk membunuh kutu yang hinggap di tubuh kucing, dan juga penting bagi kulit dan bulunya. Bersihkan bagian telinga pada kucing. Jika Anda tidak mau ribet untuk merawatnya, bawalah kucing Anda ke salon kecantikan dan dokter hewan.

  1. Pantangan makanan

Berikut beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari untuk diberikan kepada kucing kesayangan Anda:

  • Coklat
  • Bawang putih
  • Permen
  • Gandum
  • Anggur
  1. Ajak kucing bermain

Info merawat kucing yang terakhir yaitu, karena kucing salah satu hewan yang manja, ajaklah kucing Anda bermain di luar maupun di dalam rumah. Ajak di bermain bola atau mainan apa saja yang bisa membuatnya senang. Berikan juga belaian dan pelukan pada kucing Anda agar dia selalu merasa nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *