Cara Merawat Bulu Kucing Persia Kesayangan Kamu

Hai kitty lovers punya kucing persia? Tapi bingung gimana cara merawat bulu kucing persia kesayangan kamu? Gampang kok kita akan coba bahas dan bagikan pada tulisan kali ini.kucing persia merupakan salah satu kucing impor yang banyak dipelihara di Indonesia selain kucing anggora teatap masih banyak juga yang bingung cara merawat bulu kucing persia kesayangannya. Sebenarnya merawat  bulu kucing persia susah – susah gampang untuk dirawat karena perlu ketelitian dan kesabaran untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Menyisir adalah salah satu cara yang paling mudah untuk dilakukan untuk merawat bulu kucing persia kesayangan kamu, selain mudah menyisir juga akan membantu mengumpulkan bulu-bulu yang rontok yang jika jarang kita rawat suka berserakan di mana- mana disekitar rumah kita. Secara umum biasanya kucing persia kan sangat menikmati saat kita menyisir bulu mereka jadi tidak perlu ragu lagi. Berikut ini tipsnya agar kamu bisa menyisir dab merawat bulu kucing persia kesayangan kamu.

  1. sipakan peralatan untuk menyisir bulu kucing persia (biasanya mudah ditemukan di toko-toko hewan/kucing di daerah rumah kamu), jika peralatan lengkap akan lebih mudah melakukannya.
  2. Perlakukan kucing persia kesayangan kamu dengan lembut dah penuh kasih saying, jangan buat ia stress dan letakan di posisi paling nyaman yang bisa kamu gapai untuk menyisir, usahakan jangan dipangku (letakan di lantai, agar bulu-bulunya yang rontok mudah dibersihkan).
  3. Mulailah menyisir dari bagian kepala lakukan dengan gerakan pelan dan lembut dan hanya sisisr kea rah tumbuhnya bulu.
  4. Setelah bagian kepala selesai lanjutkan kesemua bagian tubuh kucing persia kesayangan kamu sampai bagian ekor. Harap berhati-hati dan lebih lembut pada bagian ekor karena area ini sangat sensitive bagi kucing persia.
  5. Setelah itu sisir bagian dada, daerah ini juga cukup sensitive jadi kucing akan banyak bergerak, caranya angkat kaki depan kucing persia kesayangan kamu dengan hati – hati, jangan sampai tercakar oleh kuku-kukunya jika perlu gunakan sarung tangan untuk melindungi tangan kamu dari cakaran
  6. Pada saat menyisir bila diperlukan pegang atau cubit kulit tengkuk kucing untuk mencegahnya kabur atau melompat, karena sebagian dari kucing persia tidak suka disisir jika tidak dibiasakan dari anakannya.
  7. Setelah seselai menyisir, buang bulu – bulu yang menepel pada sisir, bersihkan sisir dengan air, keringkan, lalu simpan di tempat yang bersih untuk mencegah terjadinya masalah kulit pada kucing persia kesayangan kamu saat sisir digunakan kembali.
  8. Lakukan penyisiran buku kucing persia kesayangan kamu secara rutin agar bulu tetap tumbuh indah dan sehat.
  9. Jika bulu kucing persia kesayangan kamu terlalu kusut, jangan memaksakan untuk menyisir sendiri. Ada baiknya membawa ke penyedia perawatan kucing yang professional di sekitar daerah kamu.
  10. Jika menemukan masalah kulit atau bulu selama penyisiran atau kucing persia kesayangan kamu terluka selama penyisiran , segera konsultasikan kepada dokter hewan terdekat.
merawat bulu kucing persia

bulu kucing persia via https://www.flickr.com/photos/albaraa/

Mandi, mungin ini yang harus kita lakukan selanjutnya untuk merawat bulu kucing persia kesayangan kamu. Kamu pasti tahu kalau salah satu musuh kucing adalah air, maka dari itu kita harus benar benar hati-hati jika ingin memandikan kucing. Dan mandikan dengan penuh pertimbangan. Apabila kita tidak bisa kita bisa menghubungi tempat perawatan kucing professional yang bisa dating kerumah atau kita yang mendatangi mereka. Jika ingin memandikan sendiri ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Pertimbangan cuaca sangat penting jika kamu ingin memandikan kucing dan sebaiknya mandikan kucing di kisaran pukul -09.00 – 10.00 ini waktu yang paling ideal untuk memandikan kucing.
  2. Gunakan shampoo khusus untuk kucing persia dan gunakan air hangat yang nyaman di kuku.
  3. Mulai mandikan kucing dengan mengguyur seluruh tubuh kucing secara hati – hati, usahakan jangan sampai masuk kedalam lubang telinga dan mata.
  4. Tuang shampo secukupnya pada tangan kamu kemudian usap-usapkan secara merata keseluruh bagian tubuh kucing secara perlahan – lahan. Gosokan dengan lembut dan gosok secara berlawanan arah dengan arah tumbuhnya bulu agar menyentuh kulitnya.
  5. Bilas tubuh kucing persia kesayangan kamu sampai bersih
  6. Keringkan bulu kucing persia kesayangan kamu dengan handuk yang lembut, hentikan pengeringan ketika handuk sudah basah. Kemudian lanjutkan dengan alat pengering rambut.
  7. Setelah dimandikan bulu kucing akan terlihat lebih halus, indah dan terlihat bersih.
BACA JUGA  Makanan Kucing Persia yang Bagus dan Sehat untuk Peliharaan Anda

Selain menyisir dan mandi perawatan lain untuk bulu kucing persia kesayangan kamu yang bisa dilakukan adalah mencukur, tetapi untuk hasil yang maksimal jagan lakukan sendiri kecuali kamu professional. Lakukanlah pencukuran bulu bila dirasa bulu – bulu sudah harus di cukur, bulu kucing persia yang rontok sedikit – sedikit itu biasa.

Selain itu kamu juga bisa lakukan perwatan tambahan seperti membasmi kutu – kutu yang tidak terlihat pada kucing prsia kesayangan kamu, biasanya ketika kucing mulai bertingkah tidak karuan dan suka menggaruk – garuk itu tkamunya ada kutu yang bersembunyi di balik bulu – bulu indahnya, untuk itu kita bisa lakukan perawatan sebai berikut:

  1. Ambil minyak telon / tawon lalu gosok – gosokan ke tubuh kucing persia kesayangan kamu secara merata.
  2. Biarkan hingga minyak telon atau tawon tersebut meresap dan kering.
  3. Dan kutu pun hilang, kucing persia kesayangan kita tidak garuk – garuk lagi.
BACA JUGA  Makanan untuk Kucing Anggora yang Sehat Tanpa Mahal

Selain kutu masalah lain yang biasanya muncul jika sudah lama tidak diakukan perawatan bulu pada kucing persia kesayangan kita  adalah masalah jamur,  biasanya jamur ini muncul pada area –area tertentu. tapi tenang saja ada solusinya, cara membasminya adalh sebagai berikut :

  1. Cukup sediakan alkohol 70 persen
  2. Oleskan di bagian tubuh yang terserang infeksi jamur
  3. Bila tak punya alkohol, sisihkan uang untuk membeli bedak anti jamur khusus kucing.

Jika semua hal diatas sudah dilakukan pasti akan mudah untuk kita merawat bulu kucing persia kesayangan kita. Rawatlah kucing persia kesayangan kita dan jangan biarkan ia tersiksa, kalau kucing persia kita sehat, kita juga kan yang senang. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *