4 Cara Ini Akan Membuat Memelihara Kucing Persia Terasa Mudah

Butuh teman yang bisa membantu kamu melepaskan stress? Peliharaan yang satu ini terbukti mampu membuat kamu rileks dengan kelucuannya. Yup, kucing Persia adalah salah satu pilihan peliharaan yang bisa jadi teman akrab yang menyenangkan. Jangan cemas dulu, sebenarnya ga susah kok untuk memelihara makhluk imut yang satu ini. Yuk, kita kenali lebih jauh karakteristik kucing Persia ini.

Mengenali Sifat Kucing Persia

mengenali kucing persia

https://www.flickr.com/photos/dannyfactory/15135517739/

Kucing ini terkenal sebagai ras kucing yang paling tenang dan manja. Tidak heran kucing ini jadi peliharaan favorit banyak orang. Terutama bagi mereka yang memiliki anak kecil.

Kucing yang dikenal sebagai jenis kucing tertua dari Persia ini, memiliki kemampuan adaptasi yang sangat baik. Jadi kamu tidak perlu khawatir dia mengalami stress, karena kucing ini terbilang sangat ramah. Positifnya, kamu tidak perlu khawatir untuk mengakrabkan diri dengan kucing Persia yang baru kamu miliki.

kucing persia bulat

https://www.flickr.com/photos/akras/825671004/

Karakteristik tubuh kucing ini sangat lucu. Berbulu panjang di seluruh bagian tubuhnya. Bentuk badan yang cenderung membulat dan agak pendek membuatnya terlihat menggemaskan saat berjalan. Bentuk mukanya pun bulat. Hidung peseknya jadi khas tersendiri. Konon, kucing ini makin pesek, makin mahal harganya.

Jika dibandingkan dengan kucing Anggora, kucing Persia lebih terlihat lucu karena bagian tubuhnya yang serba bulat. Tapi tentu itu tergantung selera masing-masing orang. Ada orang yang lebih menyukai kucing Anggora ketimbang kucing Persia karena katanya terlihat lebih anggun dengan tubuh yang lebih jenjang.

Memersiapkan Kandang Kucing Persia

mempersiapkan kandang kucing persia

https://www.flickr.com/photos/alishav/3824549405/

Ketika memelihara kucing Persia, kamu perlu memerhatikan keamanan dan kenyamanan lingkungan rumah kamu. Jangan biarkan rumah kotor dan berantakan. Nantinya si kucing akan merasa tidak nyaman.

Maklum saja, kucing yang paling terkenal di dunia ini, paling tidak cocok di lingkungan yang kotor dan lembab. Bulunya yang panjang akan mudah kusut dan berjamur. Jadi, sebelum memutuskan memelihara atau mengadopsi kucing ini, pastikan kamu siap berkomitmen hidup sehat dan bersih.

BACA JUGA  Cara Memberi Makan Kucing Kesayangan

Dalam memilih kandang kucing yang tepat, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Pertama, kamu harus memilih ukuran kandang berdasarkan ukuran dan berat badan kucing. Jangan sampai terlalu sempit dan akhirnya membuat kucing kamu merasa tidak nyaman.

kandang kucing luas

https://www.flickr.com/photos/31591126@N06/2958477746/

Kedua, selain memerhitungkan luas kandang berdasarkan berat badan si kucing, kamu perlu memertimbangkan perlengkapan kandang kucing apa saja yang akan kamu letakkan didalamnya. Seperti tempat makan, tempat minum, serta wadah pasir untuk toilet kucing.

Ketiga, setelah memperhitungkan poin pertama dan kedua, kamu harus memerhatikan apakah masih tersisa ruang gerak bagi kucing. Setidaknya harus tersisa ruangan yang cukup bagi si kucing agar dapat bergerak leluasa di dalam kandangnya. Sehingga dia tetap akan merasa nyaman.

Tepat Memilih Makanan dan Vitamin Kucing Persia

makanan kucing sehat

Dalam memberikan makanan kepada kucing Persia, kamu perlu memerhatikan asupan gizi yang sesuai. Jangan sembarangan memberikan makanan. Kucing Persia sangat mudah mengalami obesitas. Sehingga sangat penting untuk memerhitungkan porsi makan maupun jenis makanan yang diberikan.

Akan sangat baik untuk memberikan vitamin sejak dini kepada kucing yang kamu miliki. Jika kamu memelihara kucing Persia pada kisaran usia 1 sampai 2 bulan, maka kamu perlu memertimbangkan untuk memberikan susu. Ingat, jangan sembarang susu. Apalagi susu manusia. Karena bisa mengakibatkan sakit yang serius pada si kucing.

Pilihlah susu yang memang diperuntukkan bagi Kucing. Selain itu lengkapi pula gizinya dengan vitamin. Untuk vitamin pun kamu harus memilih yang memang sesuai untuk usia kucing kamu.

Racikan makanan padat akan lebih diperlukan oleh kucing Persia dengan kisaran usia di atas 4 bulan sampai setahun. Meski tetap saja, kucing Persia membutuhkan asupan vitamin sehingga kesehatannya baik tubuh mau pun bulunya tetap terjaga. Kamu tentu tidak mau kucing kamu tampak kusam dan kurus ‘kan?

Untuk kucing Persia yang telah dewasa yang berusia pada kisaran setahun ke atas, kamu bisa membuatkan pola diet khusus. Hal ini bertujuan untuk menjaga berat badan kucing Persia kamu supaya tidak terkena obesitas. Terlebih jika kucing Persia milik kamu sudah disterilkan. Akan sangat mudah bagi kucing yang telah dikebiri untuk mengalami obesitas.

BACA JUGA  Inilah 8 Cara Mudah Merawat Kucing Persia

Beberapa orang mungkin berpendapat kucing mereka malah terlihat lucu dan imut jika bertubuh gemuk. Tapi jangan salah. Obesitas atau gemuk yang berlebihan akan mengakibatkan berbagai penyakit pada kucing kamu.

kucing gendut

https://www.flickr.com/photos/vmiramontes/3286205585/

Seperti halnya manusia yang mengalami obesitas, kucing pun dapat mengalami masalah jantung, penyumbatan pembuluh darah dan berbagai penyakit serius lainnya. Kondisi tersebut dapat memendekkan usia kucing kamu. Ga ingin kan, kehilangan sahabat tersayang kamu?

Kucing yang terjaga asupan makanannya akan berusia panjang. Kucing akan jarang sakit. Kucing juga akan aktif dan berinteraksi dengan sekitar dengan ceria.

Memahami Cara Merawat Kucing Persia Pasca Melahirkan

kucing persia setelah melahirkan

https://www.flickr.com/photos/livinginmonrovia/686260220/

Jika kucing Persia yang kamu pelihara kemudian melahirkan, ada beberapa hal yang wajib jadi perhatian kamu. Pertama perhatikan gerak-gerik kucing kamu. Jelang kelahiran bersihkan kandangnya sesering mungkin. Bahkan jika mungkin persering menjaga kebersihannya.

Kita tidak tahu kapan tepatnya si kucing akan melahirkan. Hanya kucing dan Tuhan yang tahu waktu persisnya. Hehe…. Karena sangat jarang dokter yang bisa memerkirakan persisnya waktu melahirkan kucing. Umumnya hanya perkiraan hari saja.

Kedua, pisahkan kandang kucing yang akan segera persalinan dari kucing lainnya. Ini jika kamu memelihara kucing lebih dari satu. Tujuannya, supaya kucing kamu tidak terganggu saat melahirkan dan saat pasca melahirkan. Dan induk kucing dapat merawat anak kucing dengan tenang.

Memberi Makan Kucing Persia

Ketiga, siapkan makanan yang bergizi tinggi. Makanan dan vitamin dengan kandungan protein yang tinggi dapat membantu proses pemulihan kesehatan kucing. Sehingga anak kucing yang lahir pun dapat disusui oleh induknya dengan baik.

Nah, kurang lebih begitulah cara yang baik dalam membesarkan kucing Persia yang sehat. Ingat, bahwa kucing adalah makhluk yang perasa jadi rawatlah dengan kasih sayang. Selamat mencoba!

There is 1 comment for this article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *