5 Cara Jitu Merawat Kucing Kampung Yang Layak Kamu Coba

Apakah kamu pengen memelihara kucing tapi belum bisa membeli kucing Persia atau Anggora? Jangan khawatir, kucing kampung jika dipelihara dengan benar juga tidak kalah cantiknya dengan kucing-kucing ras tersebut lho. Selama kamu tahu cara merawatnya dengan benar dan mau disiplin merawat kucing kampung kamu, kucing peliharaan kamu akan menjadi hewan yang membanggakan.

Kucing atau yang dalam bahasa ilmiahnya adalah Felis catus adalah jenis hewan carnivor (pemakan daging) yang paling mudah dijinakkan. Di Mesir pada sekitar tahun 3000 SM sudah ditemukan beberapa catatan tentang dijadikannya kucing sebagai peliharaan keluarga kerajaan. Maka tidak salah jika kamu ingin memelihara kucing sebagai peliharaanmu. Namun, berbeda dengan kucing ras, memelihara kucing kampung perlu perlakuan khusus karena sifatnya yang lebih liar. Berikut akan diulas cara jitu merawat kucing kampung yang layak kamu coba.

1. Peliharalah kucing kampung saat masih kecil

anak kucing kampung

https://www.flickr.com/photos/tambako/15748356587/

Catlovers bisa mencoba memelihara kucing sejak ia masih kecil. Hal tersebut untuk mempermudah adaptasi perilaku sesuai dengan kebiasaan kucing yang kamu senangi. Jika kamu mengambil kucing kampung dewasa untuk dipelihara tentu kucing tersebut sudah punya kebiasaan dan karakter atau kondisi fisik yang belum tentu kamu inginkan. Dan akan jauh lebih susah mengubah semua kebiasaan dan karakternya ketika ia dewasa. Kamu bisa mengambil anak kucing kampung pada usia 3 bulan. Pada usia tersebut anak kucing sudah bisa mandiri tanpa air susu dari induknya.

BACA JUGA  Inilah Daftar Harga Makanan Kucing Persia yang Wajib Kamu Ketahui

2. Berilah makan secukupnya

memberi makan kucing kampung

https://www.flickr.com/photos/jon_a_ross/3079057494/

Kucing kampung suka makan ikan atau daging buruannya, namun jika kamu biasakan dengan makanan rumah dari kecil maka pada akhirnya dia akan terbiasa dengan makanan itu. Kamu bisa memulai memberi makan nasi yang telah dicampur dengan ikan yang dihaluskan. Berilah makan 3 kali sehari, jika kamu ingin lebih maka jangan sampai melebihi 6 kali sehari. Untuk kucing yang masih kecil, kamu juga bisa memberinya minum susu 2 kali sehari agar kebutuhan proteinnya terpenuhi.

3. Biarkan dia memburu tikus namun jangan biarkan ia memakannya

kucing berburu tikus

https://www.flickr.com/photos/24874528@N04/5923105171/

Bagaimanapun kucing kampung tentu masih punya karakter predator. Biarkan saja ia tetap memburu tikus karena hal itu menguntungkan kamu agar rumahmu bebas dari hama tikus. Namun jangan biarkan ia makan hewan-hewan yang diburunya. Kenapa? Karena hewan-hewan tersebut banyak mengandung kuman (bakteri dan virus) yang bisa menjangkiti kucing kesayanganmu.

BACA JUGA  Inilah Cara Menimbang Harga Kucing Anggora dan Persia

4. Buatkanlah rumah kucing dan tempat pup

rumah kucing nyaman

https://www.flickr.com/photos/mi2starsfan/931251478/

Kucing peliharaanmu jika terlalu banyak berada di luar rumah akan membuatnya kotor dan punya kebiasaan yang tidak bisa dikontrol. Agar dia tetap di dalam rumah maka buatkanlah rumah kucing dari kardus atau papan kayu, sekaligus latihlah ia buang air besar dan kecil di tempat khususnya. Dengan begitu kucingmu tidak kesulitan terus berada di rumah. Jikapun ia kotor cukup kamu mandikan ia dua minggu sekali karena kucing sudah bisa membersihkan badannya dengan menjilati bulu-bulunya.

5. Ajaklah bermain

bermain dengan kucing

https://www.flickr.com/photos/armydre2008/3807514913/

Agar lebih jinak kucing kampung peliharaanmu harus kamu ajak bermain. Ajaklah ia dalam aktivitas keseharianmu di rumah. Dengan begitu kamu bisa lebih dekat dengan hewan kesayanganmu. Namun jangan sampai lupa biarkan kucingmu istirahat, karena kucing butuh tidur setidaknya 10 jam dalam sehari.

Setelah tahu tips ini, apakah kamu sekarang tertarik memelihara kucing kampung? Karena biayanya yang murah dan hasilnya juga bisa menakjubkan, kamu perlu mencobanya.

There is 1 comment for this article
  1. Surya Dana at 10:32

    lebih gampang merawat kucing kampung, masalah makanan gak perlu ribet-ribet mereka suka berburu dan sudah terbiasa berburu di ajarin sama induknya. Kucing kampung juga jarang sakit, jadi mudah saja kalau mau rawat kucing kampung, pengeluaran gak banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *