Besaran Biaya untuk Seekor Kucing Anggora

Kucing merupakan hewan mamalia yang sangat rekomendatif untuk dijadikan hewan piaraan manusia. Hal itu terjadi karena hewan yang akrab disebut pussy ini sangat jinak dan cepat akrab bergaul dengan manusia—terlepas dari anatomi tubuhnya yang seringkali dianggap buas karena memiliki taring dan kuku yang tajam. Kucing cenderung memilki sifat yang agresif bila diajak bermain, bulunya yang indah dan bentuk tubuhnya yang lucu menambah daya tarik bagi manusia untuk memeliharanya sebagai hewan kesayangan.

Ada berbagai jenis kucing yang hidup di dunia ini. Mereka mempunyai bentuk tubuh yang hampir serupa, namun yang membedakan antara jenis kucing yang satu dengan yang lain biasanya perihal bulu, bentuk telinga, ekor, dan beberapa anatomi tubuh lainnya. Oleh karena itu, tidak semua jenis kucing laku di pasaran dan diburu oleh para pecinta kucing.

Ada beberapa jenis atau ras kucing yang sangat mendominasi pasar, salah satu jenisnya adalah kucing angora. Kucing angora banyak diminati oleh para pecinta kucing di Indonesia karena bulunya yang indah dan notabene lebih tebal dan berisi bila dibandingkan dengan kucing kampung, lalu jenis kucing ini juga mempunai bentuk ekor yang tebal dan indah.

Oleh sebab itu itu, para pecinta kucing yang berniat untuk mendapatkan kucing jenis angora ini, harus siap-siap kantong yang agak tebal karena harganya yang lumayan mahal di pasaran. Maklumlah, tarik-menarik antara permintaaan dan penawarannyalah yang menyebabkan hal tersebut. Berikut informasi mengenai harga kucing angora.

 

Daftar harga kucing angora ras asli

Umur 3 bulan (belum divaksin)  : Rp4.000.000 – Rp5.000.000

Umur 3 bulan (sudah divaksin)   : Rp6.000.000 – Rp7.000.000

Umur 6 bulan (belum divaksin)  :Rp9.000.000 – Rp10.000.000

Umur 6 bulan (sudah divaksin)   : Rp12.000.000 – Rp15.000.000

kucing anggora digendong

Daftar harga kucing angora perkawinan dengan kucing Persia

Umur 3 bulan (belum divaksin)  : Rp600.000 – Rp700.000

Umur 3 bulan (sudah divaksin)   : Rp900.000 – Rp1.000.000

BACA JUGA  Ingin Tahu Jenis Kucing Peliharaan Terpopuler dan Berapa Harganya? Ini Pembahasannya

Umur 6 bulan (belum divaksin)  :Rp1.500.000 – Rp1.600.000

Umur 6 bulan (sudah divaksin)   : Rp2.000.000 – Rp2.800.000

 

 

Daftar harga kucing angora perkawinan dengan kucing lokal

Umur 3 bulan (belum divaksin)  : Rp200.000 – Rp250.000

Umur 3 bulan (sudah divaksin)   : Rp300.000 – Rp350.000

Umur 6 bulan (belum divaksin)  :Rp450.000 – Rp550.000

Umur 6 bulan (sudah divaksin)   : Rp600.000 – Rp700.000

 

Harga kucing angora dengan ras asli memang lebih mahal karena perkawinan antara kucing angora dengan sesama jenisnya termasuk salah satu bentuk cara atau usaha untuk menyelamatkan ras angora agar tidak punah atau hilang. Selain itu, ras asli memang cenderung lebih eksklusif karena tidak banyak pecinta kucing yang memertahankan keaslian ras angora tersebut.

Untuk ras angora yang dikawinkan dengan kucing jenis Persia memang tergolong lebih mahal jika dibandingkan dengan perkawinan dari kucing lokal karena kucing Persia memang lebih indah dan bernilai ekonomis. Hal itu diakibatkan karena untuk mendapatkan kucing perdia memang membutuhkan usaha lebih. Ya, hal tersebut sangat bertolak-belakang dengan usaha untuk mendapatkan kucing lokal yanag bisa saja berkeliaran dimana-mana.

Rentang harga kucing yang tersebut di atas memang tidaklah saklek karena memang tidaklah ada standard tertentu untuk menentukan harga sebuah kucing angora. Banyak sekali faktor yang menetukan besaran biaya yang harus dikeluarkan oleh para pecinta kucing untuk mendapatkan satu ekor kucing angora. Faktor-faktor tersebut misalnya:

1. Umur

Umur sangatlah menentukan harga, karena kucing yang berada para rentang usia produkti memang dihargai lebih tinggi dan bahkan mencapai puncak harga. Kucing yang masih berusia terlalu muda atau masih kecil cenderung lebih murah karena ia memang belum produktif, dan kucing yang sudah berusia tua juga akan dihargai murah karena masa hidupnya yang mungkin tidak akan bertahan lebih lama dan kurangnya produktivitas kucing tersebut.

2. Jenis ras atau keturunan

Seperti yang sudah digambarkan di atas, ras murni memang lebih mahal karena ia tergolong langka alias sulit untuk mendapatkannya. Jenis kucing angora yang dijual di pasaran biasanya merupakan ras campuran dengan kucing Persia atau angora. Sehingga usaha lebih pecinta kucing yang menyelamatkan kemurnian ras Persia memang harus dihargai lebih.

BACA JUGA  7 Ras Kucing Tanpa Bulu yang Belum Kamu Ketahui

3. Kesehatan

Nah, ini adalah salah satu faktor yang sangat penting untuk menentukan harga kucing. Kucing angora yang sehat dan tidak memiliki riwayat penyakit memang dihargai lebih tinggi. Tidak bisa dimungkiri bahwa kesehatan kucing adalah satu hal yang terpenting karena hal itu juga berhubungan dengan perawatan kucing dan pengaruhnya terhadap kesehatan si pemilik.

Aktivitas kucing piaraan yang berada di lingkungan pemilik akan mengakibatkan penularan kepada manusia apabila kucing tersebut mengidap suatu penyakit, dan kemungkinan-kemungkinan tersebut sangatlah penting untuk diwaspadai oleh para pecinta kucing.

4. Vaksinasi

Kucing yang sudah diberi vaksin secara teratur jelas bisa ditaksir dengan harga yang lebih tinggi, karena vaksin merupakan hal yang penting untuk menjaga kualitas kesehatan kucing dan kondisi vitalitasnya. Kucing yang sudah divaksin memang lebih aman untuk dipelihara, mengingat ia adalah hewan piaraan yang biasanya berada di lingkungan manusia.

5. Tempat penjualan

Besaran harga seekor kucing juga ditentukan oleh tempat penjualan atau penjual. Karena apa? Kucing yang dijual di pasar hewan biasanya tergolong mempunyai harga yang lebih murah dibandingkan dengan kucing yang di jual dari rumah pribadi.

Karena kucing yang dijual di rumah pribadi biasanya lebih terawat dan penuh dengan kasih sayang. Kucing tersebut juga biasanya lebih welcome dengan manusia, asil diajak bermain, dan mempunyai kebiasaan tertentu yang baik, misalnya sudah bisa membuang kotoran di pasir atau WC.

Informasi mengenai harga kucing angora dan faktor-faktor yang memengaruhinya tersebut semoga bermanfaat bagi para pecita kucing.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *