Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Kamu Membeli Kucing Anggora

Baik anak kecil maupun orang dewasa, hampir semuanya menyukai kucing. Tidak heran, hewan berbulu yang satu ini termasuk jenis peliharaan terfavorit. Salah satu jenis kucing yang populer dipelihara adalah kucing anggora.

Bulunya yang tebal dan mengembang menjadikannya enak dipandang. Bahkan dikatakan bahwa membelai bulu hewan peliharaan adalah salah satu solusi mengatasi stres. Tetapi, jika kamu tertarik dan ingin membeli kucing anggora, ada beberapa hal yang penting untuk kamu perhatikan. Simak ulasannya berikut ini.

Jenis Kelamin

kucing jantan dan betina

sumber gambar: warrenphotographic.co.uk

Betina atau jantan? Pilihan jenis kelamin tersebut akan berkaitan dengan cara pemeliharannya. Sama seperti hewan lainnya, perbedaan jenis kelamin akan memengaruhi karakter dan kepribadian kucing.

Kucing betina cenderung memerlukan perhatian ekstra. Saat telah mencapai usia remaja, kucing betina akan memulai masa kawin. Hal ini akan terjadi cukup sering.

Dampaknya, kucing betina akan sering bunting dan melahirkan. Hal ini memang sangat baik, jika kamu memang ingin menambah jumlah peliharaan kucing. Tapi, jika sebaliknya, maka akan lebih bijak untuk memelihara kucing jantan saja.

Lain halnya dengan kucing jantan. Meski tetap agresif mencari pasangan saat musim kawin tiba, namun hewan ini tidak membutuhkan waktu lama. Kucing jantan hanya akan berkeliaran keluar rumah mencari pasangan yang cocok. Seusainya, kucing pun akan pulang kerumah.

BACA JUGA  Kisah di Balik Nama Anggora yang Belum Kamu Ketahui

Satu hal penting yang sama dari kedua jenis kelamin ini adalah kecenderungan kawin dengan ras apapun. Intinya asalkan berbeda kelamin, maka perkawinan dapat terjadi. Hal ini bisa menjadi berbahaya.

Alasannya adalah, kucing anggora yang kawin dengan kucing liar, biasanya pulang dengan kondisi tertular penyakit. Jika hanya sebatas penyakit kulit, penanganannya akan jauh lebih mudah. Tapi, bagaimana jika kucing kamu terinfeksi virus yang dapat membahayakan jiwanya?

Ada dua pilihan solusi yang bisa kamu lakukan. Pertama adalah dengan melakukan sterilisasi, yang biasanya berujung pada kondisi  pada kucing peliharaanmu. Pilihan kedua adalah mengawinkannya dengan menggunakan jasa dokter hewan atau pusat pemeliharaan hewan. Jodoh si kucing dapat kamu tentukan dan yang pasti, kesehatannya terjamin.

Kesehatan dan Silsilah

silsilah kucingJangan pandang remeh soal kesehatan kucing yang akan kamu beli. Karena nantinya kamu akan menghabiskan waktu untuk berinteraksi dengannya. Jika salah pilih, mungkin saja ternyata kamu membeli kucing anggora yang sedang sakit.

Untuk itu, sangat penting menanyakan riwayat kesehatan kucing yang akan kamu beli. Mulai dari infeksi yang pernah dialami, sampai keterangan apakah kucing telah divaksin atau tidak. Hal yang tidak kalah penting adalah silsilah dari kucing yang akan kamu beli.

BACA JUGA  8 Penyebab Bulu Rontok Pada Kucing Peliharaan

Tujuan dari keterangan silsilah adalah untuk memastikan ras kucing anggora. Pastikan kamu juga melakukan kroscek dari informasi si penjual, ya. Biasakan untuk mencari informasi selengkap mungkin dari sekitar kamu.

Usia Kucing

tabel perbandingan usia kucingBiasanya orang berpikir bahwa semakin muda kucing yang dipelihara, maka itu akan semakin bagus. Sayangnya, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Sebelum memutuskan untuk membeli kucing anggora, kamu perlu mempertimbangkan apakah kamu siap memberi perhatian kepada anak kucing.

Kucing yang lebih muda atau masih kanak-kanak harus sering diajak bermain. Tujuannya agar pertumbuhan dan perkembangan fisiknya berlangsung optimal. Namun, jika kamu adalah pemelihara hewan pemula, maka sebaiknya kamu memelihara kucing yang berusia lebih dari 6 minggu yang sudah terbiasa dilatih.

Selain ketiga hal tersebut, kamu juga harus memikirkan kembali tujuan dari memelihara kucing. Apakah kamu memang siap berkomitmen untuk memeliharanya? Terlebih untuk membeli kucing anggora yang memerlukan perawatan rutin. Jika belum siap, tidak ada salahnya untuk mengurungkan niat. Atau mungkin memilih jenis kucing lokal yang lebih mudah dipelihara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *