Memakaikan Baju Pada Kucing, Bermanfaat atau Sekedar Gaya?

Merawat kucing seringkali terasa seperti merawat anak sendiri. Tak hanya memberi makan, kucing juga sering dimandikan dan diberi pakaian. Beberapa pecinta kucing bahkan rela mengalokasikan dana khusus untuk membelikan baju kucing yang lucu. Nah, sebenarnya memakaikan baju kucing, bermanfaat atau sekedar gaya sih? Yuk, kita ikuti paparan berikut ini.

Tidak hanya di film-film kartun dimana kucing bertingkah seperti manusia, dewasa inipun banyak kita temui kucing-kucing memakai baju. Alih-alih tampak aneh, justru mereka tampak lucu menggemaskan.

baju kucing untuk perawatan kucingmu

fthmb.tqn.com

Untuk memenuhi permintaan pasar akan gaya hidup para kucing yang mulai dipakaikan baju, bermunculanlah produsen baju untuk kucing. Dengan mudah dapat kita temukan lapak mereka di dunia online. Berbagai macam model baju kucing ditawarkan. Mulai dari model resmi, casual, sport, bahkan feminin ala baju kucing perempuan. Tidak hanya baju, tersedia pula aksesoris lain untuk mempercantiknya, seperti topi atau mahkota ala putri.

Baju kucing pun didesain senyaman mungkin untuk dipakai para kucing. Tidak menafikan sifat alamiah kucing yang aktif bergerak, baju untuk kucing pun dibuat untuk mengakomodir itu. Menariknya lagi, kesan modis dan trendy juga tampak ketika para kucing memakainya.

Manfaat Baju untuk Kucing

Secara alamiah, kucing sudah dilengkapi bulu di sekujur tubuhnya untuk melindungi diri dari segala cuaca. Sebenarnya, tanpa memakai baju pun, mereka baik-baik saja. Nah, sebenarnya apa manfaat baju untuk kucing?

1. Baju melindungi bulu kucing dari kotoran

Secara naluri, kucing suka aktif bergerak dan menjelajah lingkungannya. Karena itu, bulunya sangat rentan terkena kotoran. Nah, hal ini dapat dihindari dengan memakaikan baju untuknya.

memakaikan baju kucing

s-media-cache-ak0.pinimg.com

Apalagi untuk kucing-kucing ras dengan bulu lebat dan panjang, melindungi bulu mereka sangat penting untuk dilakukan. Memakaikan baju untuk kucing Anggora, misalnya, dengan sendirinya membantu kita merawat bulu-bulunya agar tidak mudah terkena kotoran.

2. Baju melindungi kucing dari cuaca ekstrim

Meskipun kucing dapat melindungi dirinya dari dingin dengan bulu-bulunya, namun ada kalanya pada beberapa kondisi, kucing perlu dibantu. Pada negara dengan cuaca ekstrim, misalnya, kucing banyak dipakaikan baju. Ini dimaksudkan untuk menjaga tubuhnya tetap hangat, atau suhu tubuhnya sama seperti manusia.

baju kucing lucu

ae01.alicdn.com

Baju yang dipakaikan pada kucing juga menggunakan bahan khusus. Wol atau kain yang kasar tidak direkomendasikan untuk kucing. Baju kucing biasanya menggunakan kain yang lembut dan nyaman. Ini penting untuk menjaga bulu kucing tetap lebat dan lembut juga.

BACA JUGA  7 Jenis Aksesoris dan Peralatan Penting untuk Si Mpus

3. Baju mempercantik penampilan kucing

Pada kucing-kucing yang biasa ikut kontes, memperhatikan penampilannya menjadi hal utama. Salah satunya adalah dengan membiasakannya memakai baju.

Poin penilaian pada kontes kucing adalah bagaimana penampilan kucing dengan bajunya. Apakah ekspresinya sesuai dengan baju yang ia kenakan. Menjadi indikator kesuksesan pemilik kucing manakala kucing terlihat tenang dan ‘menikmati’ bajunya.

baju kucing yang nyaman

ae01.alicdn.com

Namun, tidak hanya pada kucing kontes saja, bajunya menjadi penting. Kucing rumahan juga perlu menjaga penampilannya bukan? Memakaikan baju untuk kucing rumahan tentu akan membuatnya tampak stylish dan menarik.

Cara Memakaikan Baju ke Tubuh Kucing

Ternyata banyak juga manfaat memakaikan baju untuk kucing, ya? Namun, manfaat itu tidak akan tercapai jika si kucing menolak dipakaikan baju. Tapi jangan khawatir, ada cara-cara khusus dapat kamu lakukan agar kucingmu mau pakai baju. Berikut cara praktis memakaikan baju untuk kucing :

1. Biasakan sejak kecil

Agar kucingmu terbiasa memakai baju, kamu perlu membiasakannya sejak dini. Ini dapat kamu mulai saat kucingmu berusia 3 hingga 4 bulan. Akan jauh lebih susah jika kamu mulai membiasakannya saat kucingmu dewasa.

2. Mulai dengan baju sederhana

Saat pertama memakai baju, sangat mungkin kucingmu merasa tidak nyaman. Karenanya pilihkanlah pakaian yang sederhana terlebih dahulu.

baju kucing yang cantik

ae01.alicdn.com

Alih-alih memilih baju yang menutupi seluruh bulunya, kamu dapat memakaikannya rompi lebih dulu untuk latihan. Saat kucingmu sudah mulai terbiasa, kamu bisa mulai memakaikan baju-baju dengan model lebih kompleks berikut aksesorisnya, seperti topi, tiara, atau bahkan dasi.

3. Pilihlah baju dengan ukuran pas

Baju kebesaran atau kesempitan pasti membuat kita tak nyaman, bukan?! Begitu pula dengan kucingmu. Karenanya, pilihlah ukuran yang pas.

Jika kamu ragu berapa ukuran kucingmu, saat membelinya pilihlah yang lebih besar. Ini agar kamu bisa mengecilkannya sesuai ukuran badan kucingmu. Jangan lupa pilih bahan yang nyaman dan model yang mudah dipakai dan dilepas.

4. Pakaikan dengan perlahan

Saat memakaikannya baju, hindari memaksa kucingmu. Pakaikan baju kucingmu dengan perlahan.

Berikan ia waktu untuk mencobanya, misal satu atau tiga menit, setelah itu lepaskan. Jika ia merasa nyaman, kamu dapat menambah durasi pemakaiannya. Jangan lupa berikan reward untuknya saat kucingmu berhasil melewati tahap percobaan ini.

baju kucing yang sederhana

catnkitten.com

Reward dapat berupa elusan lembut pada badannya atau bermain kesukaannya. Ini agar kucingmu mengasosiasikan memakai baju sebagai sesuatu yang baik.

BACA JUGA  Jika Kamu Melakukan 20 Hal Ini, Siap-siaplah Dibenci Oleh Kucing Kesayanganmu

Cara Membuat Baju Kucing

Tak bisa dipungkiri, baju kucing dengan kualitas bagus tentunya tidak dijual dengan harga murah. Untuk kamu yang ingin berhemat, menjahit sendiri baju untuk kucingmu bisa menjadi pilihan. Berikut tutorial singkat cara membuat baju kucing, ini dapat kamu aplikasikan untuk kucing laki-laki dan kucing perempuan:

1. Ukur badan kucingmu

Seperti halnya membuat baju untuk manusia, baju untuk kucing juga memerlukan ukuran yang pas. Karenanya, sebelum mulai menjahit, ukurlah terlebih dahulu badan kucingmu.

Bagian yang perlu kamu ukur adalah lingkar leher, lingkar dada, dan panjang badan kucing. Jangan lupa lebihkan setiap ukurannya sepanjang 2 cm. Ini sebagai ukuran kain yang akan dijahit nanti.

2. Buat pola pada kertas koran

Setelah mendapatkan ukuran badan kucingmu, aplikasikan ukuran tersebut untuk membuat pola pada kertas. Gunakan kertas koran yang lebih mudah dipotong dan hemat.

baju kucing berbahan kaos

ae01.alicdn.com

3. Aplikasikan pola pada kain

Sekarang kamu siap untuk mengaplikasikan pola pada kain yang akan kamu jahit. Sebelumnya, jangan lupa untuk memilih kain yang sesuai untuk kucingmu. Pilihlah kain yang lembut dan nyaman, jangan menggunakan kain yang keras dan kaku. Pilihlah juga motif kain sesuai jenis kelamin dan kepribadian kucingmu.

Pola yang kamu buat tadi akan menjadi petunjukmu untuk memotong-motong kain. Letakkan pola di atas kain, kemudian garisi kain sesuai pola. Potong kain dengan dengan hati-hati.

4. Mulai menjahit

Sekarang kamu bisa mulai menjahit. Berhati-hatilah saat menjahit agar baju kucingmu tampak rapi. Itulah tahapan dalam membuat baju untuk kucing. Sama seperti menjahit baju untuk manusia bukan?

Hanya saja, seperti halnya juga dengan baju manusia, pada kucing betina atau kucing perempuan biasanya membutuhkan detail sedikit lebih rumit daripada kucing jantan. Misalnya, menambahkan pita atau aksesoris lain seperti renda. Model baju perempuan juga lebih beragam daripada laki-laki. Untuk membuat baju kucing perempuan yang lucu, kamu bisa meniru model pakaian anak perempuan.

Demikianlah, ternyata memakaikan baju kucing mempunyai beberapa bermanfaat. Jadi, tidak sekadar untuk bergaya. Nah, sekarang kamu dapat mulai memakaikan baju kucing lucu untuk kucingmu. Semoga kucing kamu menyukainya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *