Apa Makanan Terbaik Bagi Kucing Persia? Ini Jawabannya

Salah satu hal yang paling menjadi perhatian dari pemilik binatang peliharaan adalah tentang pemberian makanan (feeding) bagi si kesayangan. Untuk pecinta kucing persia, pasti tahu betapa kamu harus pilih-pilih dan hati-hati mengenai makanan apa saja yang harus kamu berikan, jika tidak ingin kucing kamu mengalami penurunan berat badan karena tidak selera makan.

Kesalahan pemilihan makanan dapat berakibat lebih buruk. Misalnya karena kurang pengetahuan, kamu malah memberi makanan yang bisa mengganggu pencernaan kucing persia hingga memengaruhi kotorannya menjadi encer dan bau. Aih…jangan sampai itu terjadi.

Untuk menghindari kejadian tersebut, pembahasan kali ini adalah mengenai apa makanan kucing terbaik bagi si cantik, kucing persia.

Bagi kucing persia, ada dua hal yang bisa kamu lakukan, yakni membeli makanan khusus kucing yang dijual di supermarket dan petshop, atau membuat sendiri makanan kucing persia kamu.

Sebelum memutuskan antara dua pilihan tersebut, terlebih dahulu kamu perlu mengetahui apakah makanan kucing yang ada sudah mengandung unsur-unsur yang dibutuhkan oleh kucing persia. Ini dilakukan demi memastikan kucing persia kamu mendapat makanan yang terbaik dan menunjang pertumbuhannya.

Sebagaimana hewan karnivora lainnya, kucing juga membutuhkan asupan protein, asam lemak, vitamin dan asam amino yang semua kandungan itu bisa ditemukan pada beberapa jenis makanan berikut:

  1. Daging

daging untuk kucingDaging menjadi makanan terbaik untuk kucing persia kamu karena di dalamnya terkandung protein dan asam lemak. Selain itu, daging juga mengandung taurin dan argirin yang merupakan asam amino yang dibutuhkan dan baik bagi kesehatan kucingmu.

BACA JUGA  Yuk Kenali Jenis Makanan Sehat untuk Kucing Persia

Penyajian daging paling baik adalah dengan memotongnya kecil-kecil. Rekomendasi daging yang bisa kamu berikan pada persia adalah daging kelinci, sapi dan ayam.

 

  1. Ikan

Ikan untuk kucingSama seperti yang terdapat pada daging, ikan juga sangat baik diberikan kepada kucing persia dengan syarat pemberiannya tidak berlebihan. Jarak waktu yang ideal untuk memberi makan ikan pada kucing persia adalah sekitar 2 kali dalam seminggu.

 

  1. Keju

keju untuk kucingApakah makanan kucing hanya bisa berupa protein hewani dalam bentuk daging saja? Jawabannya, tidak.

Selain menjadi makanan favorit manusia dan tikus, ternyata keju juga disukai oleh kucing persia. Di dalam keju, terkandung banyak vitamin seperti vitamin B2 yang baik untuk kucing persia.

Setelah mengetahui pilihan makanan terbaik bagi kucing persia dan kandungan gizi yang bermanfaat di dalamnya, langkah selanjutnya adalah tentang pengolahan dan penyajian makanan tersebut.

Sebelumnya sudah dibahas bahwa ada dua cara menyajikan makanan bagi kucing Persia, yaitu dengan membelinya atau dengan membuat sendiri. Berikut ini beberapa tips tentang pemilihan makanan kucing persia yang dibeli di supermarket.

Tips pertama, pastikan melihat label saat kamu memilih makanan kucing persia, karena biasanya kucing jenis ini memiliki makanan dengan label sendiri yang tidak bisa disamakan dengan makanan kucing jenis lain.

Tips kedua, perhatikan selalu keadaan kucing persia kamu sebelum dan sesudah memakan makanan yang dibeli di supermarket. Lihat apakah ada perubahan nafsu makannya dan bagaimana hasil kotorannya. Jika setelah memakan sebuah merk, kucing persia kamu malah menghasilkan kotoran yang bau dan ecer maka lebih baik untuk berhenti mengkonsumsi merk itu dan menggantinya dengan merk lain.

BACA JUGA  Tips Memandikan Kucing Persia dengan Nyaman Tanpa Melukainya

Apabila kamu lebih memilih untuk memberi makan kucing persia dengan membuatnya sendiri, ini merupakan salah satu pilihan yang baik dan direkomendasikan oleh banyak dokter hewan. Banyak kelebihan dari membuat makanan sendiri bagi kucing Persia, di antaranya adalah kebersihan yang lebih terjaga dan harga yang jauh lebih murah, karena bahannya bisa ditemukan dalam dapur keluarga.

Apakah makanan kucing persia rumit untuk dibuat? Hmm….tidak juga. Mau buktinya?

Berikut ini salah satu contoh menu makanan kucing persia yang bisa kamu buat sendiri di rumah:

Rebus ayam sebanyak 2 cangkir tanpa tulang, potong menjadi bagian-bagian kecil. Kemudian campur dengan nasi 1 mangkuk kecil, kentang, kacang polong dan kaldu ayam secukupnya.

Bagaimana? Mudah dan murah bukan?

Mungkin awalnya kucing kamu akan tampak kurang berselera untuk memakannya, ini normal karena belum terbiasa dengan makanan buatan rumah. Namun perlahan dengan kesabaran, kamu bisa mulai membiasakan kucing persia dengan makanan buatan sendiri yang tentu lebih sehat dan bergizi.

Finally, apapun pilihan jenis makanan untuk kucing persia kamu, pastikan itu adalah yang terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *