7 Ras Kucing Tanpa Bulu yang Belum Kamu Ketahui

Sebenarnya, kucing tanpa bulu juga memiliki bulu seperti layaknya kucing-kucing yang biasa kita lihat di sekitar kita, tetapi, bulu yang mereka miliki sangat pendek atau sangat sedikit sekali, sehingga menyerupai lapisan tipis pada kulit. Mutasi alamiah yang dialami oleh kucing tanpa bulu yang terlahir dari kucing-kucing domestik berbulu pendek terjadi secara spontan. Namun, karena kurangnya perawatan dan berbagai masalah pengembangbiakan, sebagian besar ras kucing tanpa bulu alami ini punah begitu saja. Hingga akhirnya pada tahun 1960, pengembangbiakan kucing tanpa bulu dimulai di Kanada.

Kucing tanpa bulu memiliki harga yang lebih mahal daripada kebanyakan kucing biasa, di samping itu, perawatannya pun tidak bisa dibilang murah karena kucing tanpa bulu membutuhkan perhatian lebih dibanding kucing biasa. Oleh karena itu, kepemilikan kucing tanpa bulu bisa dikatakan sebagai sebuah prestige. Di kalangan para remaja galau, kucing tanpa bulu sempat nge-trend karena Raditya Dika memiliki seekor kucing tanpa bulu dari ras Sphynx yang diberi nama Ping.

raditya dika dan kucing tanpa bulu

Gambar diambil dari sini.

Jika anda tertarik untuk memiliki kucing tanpa bulu, berikut adalah beberapa ras kucing tanpa bulu.

1. Sphynx

Ras Sphynx adalah ras kucing tanpa bulu yang paling terkenal. Meski namanya menyerupai nama patung berbadan singa berkepala manusia di Mesir, namun kucing Sphynx berasal dari Kanada hasil dari rekayasa genetik. Jika diamati dengan baik, dapat terlihat rambut halus tumbuh di beberapa bagian tubuhnya, seperti telinga, kaki, ekor, dan di dekat organ kelamin.

BACA JUGA  Sukses Jual Kucing Anggora Murah di Bekasi

sphynx cat

Gambar diambil dari sini.

2. Don Sphynx (Donskoy)

Ras kucing ini diberi nama Don Sphynx karena kemiripannya dengan ras Sphynx. Namun, mereka sama sekali tidak berhubungan. Don Sphynx berasal dari Rusia dan merupakan hasil mutasi genetik alami yang muncul karena gen dominan, berbeda dengan Sphynx yang muncul karena gen resesif. Sama seperti ras Sphynx, Don Sphynx memiliki tubuh berukuran sedang dan berotot, memiliki daun telinga lebar, dan wajah yang berbentuk segitiga. Don Sphynx juga menjadi gen dalam pembiakan Peterbald.

don sphynx

Gambar diambil dari sini.

3. Bambino

Kucing Bambino adalah hasil peranakan dari ras Sphynx dan Munchkin. Kucing tanpa bulu yang satu ini memiliki keunikan tambahan, yakni kaki pendeknya yang diwarisi dari ras Munchkin.

bambino cat

Gambar diambil dari sini.

4. Peterbald

Ras kucing ini adalah hasil persilangan antara Don Sphynx dan Oriental Shorthair pada tahun 1994 di Rusia. Peterbald memiliki mata yang besar, muka mirip anjing, ekor yang panjang, kaki berselaput, dan cakar berbentuk oval.

BACA JUGA  Kebiasaan Si Kucing Sebagai Hewan Peliharaan

Peterbald

Gambar diambil dari sini.

5. Ukrainian Levkoy

Di tahun 2000, Elena Biriukova mengembangkan ras Ukrainian Levkoy dengan menyilangkan ras Don Sphynx dan Scottish Fold. Nama Levkoy diberikan kepada ras ini karena bentuk daun telinganya yang menyerupai daun Levkoy. Ras kucing yang memiliki tubuh berotot dan relatif panjang ini belum diakui oleh organisasi internasional dan hanya diakui oleh organisasi persilangan di Ukraina dan Rusia saja. Selain badannya yang panjang, Ukrainian Levkoy juga unik karena memiliki wajah yang menyerupai anjing.

Ukrainian Levkoy

Gambar diambil dari sini.

6. Elf

Ras kucing yang peranakannya dimulai di tahun 2007 ini merupakan hasil penyilangan antara ras Sphynx dan American Curl. Kucing ini memiliki keunikan karena bentuk telinganya menyerupai bentuk telinga elf yang tinggi, runcing, namun agak menekuk.

elf

Gambar diambil dari sini.

7. Dwelf

Ras Dwelf adalah hasil peranakan Sphynx, Munchkin, dan American Curl. Seperti ras Bambino, kucing tanpa bulu ini memiliki kaki yang pendek, selain itu ras ini juga memiliki daun telinga menyerupai telinga elf.

Dwelf

Gambar diambil dari sini.

Demikianlah tujuh ras kucing tanpa bulu yang merupakan buah sukses dari mutasi genetik, baik alami, maupun buatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *