7 Hal Terpenting Mengenai Kesehatan pada Kucing

Kucing imut Anda tidak bisa terhindar dari terserang berbagai macam penyakit. Oleh karenanya, Anda sebagai pemiliknya wajib memperhatikan kesehatan kucing kesayangan Anda. Hal ini sangat diperlukan demi menjaga agar hewan peliharaan Anda tetap sehatdan juga demi kesehatan Anda sendiri.

 

Kesehatan yang perlu diperhatikankesehatan kucing

Kesehatan yang perlu diperhatikan untuk info merawat kucing kesayangan Anda:

1.      Perhatikan kucing dengan memperhatikan kualitas makanan yang dikonsumsi kucing perliharaan Anda. Dengan memperhatikan makanannya, kucing Anda akan terpenuhi kebutuhan untuk pertumbuhannya dan juga terhindar dari penyakit-penyakit.

2.       Setidaknya siapkan kotak pasir untuk kucing Anda membuang kotoran. Karena kucing biasanya membuang kotorannya di luar, di tempat yang ada pasirnya. Berikut ulasan mengenai kotoran kucing:

3.    Kotoran kucing mengandung parasit toxoplasma gondii yang merupakan organisme bersel tunggal. Parasit ini bisa menginfeksi ibu hamil yang menyebabkan masalah pada bayi diantaranya kejang, keterbelakangan mental, kerusakan mata, dan tuli. Parasit ini juga bisa menginfeksi orang yang bermasalah pada kekebalan tubuh.

BACA JUGA  Mengenali 8 Ciri-Ciri Kucing Peliharaan yang Sakit

Selalu jaga agar kotoran kucing ini tidak dibuang sembarangan karena bisa membahayakan kesehatan Anda dan keluarga, juga orang-orang di sekitar Anda.

4.       Berikan vaksinasi berkala pada kucing Anda agar dia terhindar dari penyakit-penyakit yang bisa membahayakannya.

5.      Ukur kelembaban udara dengan suhu antara 21-24o C.

6.       Bersihkan kandang kucing agar kucing merasa nyaman dan untuk menjaga kesehatannya juga. Bersihkan pula tempat makan minum secara rutin dan jangan lupa bersihkan tempat kotoran kucing.

7.       Bawa kucing Anda untuk melakukan pemeriksaan di dokter hewan.

 

Masalah kesehatan beberapa ras kucing

Berikut ini beberapa masalah kesehatan kucing berdasarkan rasnya:

  1. Kucing Persia

Rentan dengan ephipora yang bisa menyebabkan infeksi mata kronis dan iritasi. Rentan terhadap hyperesthesia kucing yang disebabkan oleh stres. Kucing ras ini juga bisa memiliki degenerasi retina dan penyakit jantung.

  1. Kucing Sphynx

Kucing jenis ini bisa dengan mudah kehilangan panas tubuhnya karena kulitnya yang tanpa bulu. Kucing ini bisa terkena penyakit jantung dan sensitif pada anastesi, pestisida, dan vaksin.

  1. Kucing Maine Coon
BACA JUGA  Tips Memilih Kandang Kucing Persia yang Baik dan Nyaman

Kucing Maine Coon rentan terhadap hip dysplasia. Pastikan untuk membawa kucing jenis ini untuk selalu memeriksakan kesehatannya ke dokter karena bisa menimbulkan efek buruk pada kucing Anda.

Secara umum, kucing juga bisa mengalami diare, depresi, muntah-muntah, demam, dan kehilangan selera makan. Ketika kucing Anda mengalami demam ataupun muntah-muntah, mungkin saja dia sedang mengalami keracunan makanan. Ketika keracunan makanan, Anda bisa memberikan pertolongan pertama dengan air kelapa muda, biarkan kucing Anda meminumnya. Saat kucing Anda mengalami kehilangan nafsu makan, berikan perhatian berupa belaian padanya karena biasanya kucing akan banyak tidur dirumah. Berikan makanan yang sangat dia sukai, jika belum berhasil juga serahkan kepada dokter yang Anda percaya. Jika Anda memperhatikan kesehatan kucing, Anda bisa memberikan dampak positif bagi diri sendiri dan sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *