Inilah 6 Klasifikasi Kucing Berdasarkan Ukuran Tubuhnya

Cat lovers, sepertinya tema tentang hewan peliharaan yang satu ini tak pernah ada habisnya. Yup, kucing memang memiliki pesona tersendiri. Selain penampilannya yang unik dan bulunya yang indah, kucing juga bisa sangat setia. Apalagi wajahnya juga cantik dan gagah, kamu bisa bermain sepanjang hari dengannya. Kucing apa yang ingin kamu jadikan sahabat? Kali ini, kita akan mengenal beberapa jenis kucing yang diklasifikasikan berdasar ukuran tubuhnya, mulai dari yang besar dan tentu saja berat, hingga kucing peliharaan bertubuh mungil atau kecil. Yuk, kita simak:

1. Savannah

anak kucing savannah

https://www.flickr.com/photos/will-wade/5540685831/

Kucing jenis ini merupakan hasil perkawinan silang antara kucing Siam (Siames) dan Serval, jenis kucing liar dari Afrika. Kucing yang masih belum terlalu dikenal di Indonesia ini termasuk berukuran yang paling besar. Ukuran terberat yang pernah ada adalah 30 pon atau sekitar 13-14 kg.

2. Maine Coon

kucing maine coon cokelat

https://www.flickr.com/photos/jorbasa/6937636692/

Masih termasuk kucing yang berbulu panjang, ras kucing yang sangat unik ini dinamai Maine Coon karena lokasi munculnya ras di daerah Maine, Amerika Serikat. Sedangkan nama tambahan coon sendiri disematkan pada kucing ini karena ekornya yang mirip ekor musang (raccoon). Kucing ini termasuk kucing berukuran besar. Ukuran betina kucing ini dapat mencapai 4,5-7 kg, sedangkan untuk jantan mempunyai berat 6,5- 11 kg.

BACA JUGA  Ini Dia 10 Nama Ilmiah Kucing nan Cantik

3. Exotic

kucing exotic

https://www.flickr.com/photos/titkov/6740824889/

Setelah kucing berbulu panjang ras persia, kucing exotic adalah ras yang banyak dipelihara di Indonesia. Kucing yang merupakan persilangan dari ras persia dengan American shorthair ini mempunyai bulu yang pendek namun karakternya mirip sekali dengan Persia. Kamu juga akan menyenangi kucing jenis ini karena perawatannya yang lebih mudah. Kucing exotic mempunyai berat 4-7 kg.

4. Sphynx

foto kucing Sphynx

https://www.flickr.com/photos/fleur-design/2555773089/

Kucing yang satu ini cukup unik karena bulunya sangat tipis sehingga terlihat tidak memiliki bulu. Matanya yang tajam mempunyai ukuran yang cukup besar. Kucing yang bisa bermain dengan hewan lain ini juga mempunyai kulit yang terlihat berkerut. Seperti halnya anggora, sphynx juga termasuk berukuran sedang dengan berat badan 3-5 kg.

BACA JUGA  Inilah Alasan Mengapa Kucing Sphynx jadi Kucing Termahal di Dunia

5. Anggora

kucing anggora putih abu-abu

https://www.flickr.com/photos/69302634@N02/7718594316/

Kucing ras anggora termasuk yang berbulu panjang, biasanya berwarna dominan putih. Kucing ini sangat dikenal di Indonesia karena memang wajahnya yang bulat dan cantik dengan hidung yang lebih mancung dibandingkan dengan ras persia. Kucing ini dinamakan angora karena memang berasal dari Angora (Ankara, Turki). Kucing yang mempunyai ekor panjang dengan bulu-bulu menjuntai layaknya ekor rubah ini mempunyai ukuran sedang yaitu 2,5-5 kg.

6. Lambkin

kucing lambkin

http://melindaslambkins.com/

Jika pecinta kucing menginginkan kucing yang berukuran kecil, maka lambkin mungkin cocok buat kamu. Dengan berat badan 2-4 kg, kucing ini bisa dikatakan ras kucing dwarf (kerdil). Bulu kucing ini termasuk panjang dan halus namun sedikit keriting. Untuk memaksimalkan penampilan bulunya, kamu harus menyikatnya minimal seminggu sekali.

Setelah tahu tentang berbagai jenis-jenis kucing yang unik, kamu memilih jenis apa untuk dipelihara? Mau memilih yang besar, atau malah lebih suka yang kecil dan imut, pilihan ada di tanganmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *