6 Cara Cerdas Memelihara Kucing Persia

Kucing Persia merupakan ras kucing tertua yang diketahui oleh manusia, dan saat ini merupakan yang terpopuler di Indonesia selain kucing Anggora. Sesuai namanya, diperkirakan kucing ini ditemukan di Negara Iran yang nama dahulunya adalah Negara Persia.

Untuk memelihara kucing jenis Persia ini sebenarnya susah-susah gampang. Karena Di perlukan perhatian ekstra untuk merawatnya, namun semuanya akan terbayar jika Anda memelihara kucing Anda dengan bersungguh-sungguh.  Terlebih kucing jenis ini memiliki ciri khas dengan bulu-bulunya yang indah. Ada yang berbulu lebat dan panjang, ada yang hanya lebat saja, dan ada yang tebal saja. Untuk itu di perlukan beberapa cara untuk memeliharanya supaya kondisinya tetap terjaga. Jangan sampai kita hanya mampu untuk membelinya namun lepas tangan untuk merawatnya. Nah bagi anda yang memang berencana memeliharanya jangan khawatir, perawatan khusus yang dilakukan tidaklah berarti sulit atau harus mahal.

BACA JUGA  Ternyata Cara Merawat Kucing Anggora Tidaklah Sulit

memelihara kucing persia

Berikut beberapa tips untuk memelihara kucing jenis Persia, terutama untuk anda yang masih pemula.

1. Perhatikan Kesehatan Bulu

Usahakan Anda selalu menyisir bulunya minimal dua kali sehari agar tidak rontok dan kusam. Jamuran pada kulit kucing juga merupakan salah satu penyakit yang berdampak bagi pertumbuhan bulu kucing itu sendiri.

2. Menjaga Kebersihan Mata

Biasanya kucing ini dinyatakan memiliki masalah pada penglihatnnya jika mulai mengeluarkan air mata yang  cukup banyak. Anda cukup membersihkannya dengan tissue khusus mata untuk kucing

3. Nutrisi dan Pola Makan

Perhatikan nutrisi dan pola makanan kucing Anda untuk menghindari obesitas. Pola makan kucing adalah sedikit demi sedikit. Sebaiknya Anda tidak langsung memberikan makanan dalam porsi yang sekaligus banyak.

4. Kesehatan Pikiran

Ajaklah kucing Anda bermain supaya terhindar dari stress dan tetap aktif. Dan jangan lupa untuk membersihkan kandangnya serta perlengkapan lainnya.

BACA JUGA  Bingung Memilih Kucing Anggora? Pilihlah yang Putih

5. Berikan Suplemen dan Vitamin

Suplemen dan vitamin juga sangat di butuhkan untuk menjaga system kekebalan tubuh kucing Anda agar tidak mudah terserang penyakit.

6. Pemberian Vaksin

Penyakit yang bisa menyerang kucing cukup banyak dan dapat dihindari dengan pemberian Vaksin.

Itulah cara memelihara kucing Persia yang paling mendasar. Semoga bermanfaat untuk Anda yang mungkin masih sedikit bingung dengan perawatan kucing Persia. Selain itu, perlu Anda ketahui pula kucing Persia sangat bersahabat dan selalu ingin terus-terusan berada di dekat pemiliknya. Maksudnya tentu kucing ini merupakan jenis kucing yang sangat manja dan mampu  membuat  Anda nyaman ketika memelihara kucing ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *