5 Fakta Menarik Seputar Kucing yang Belum Anda Ketahui

Apakah Anda termasuk penggemar kucing? Ya, hewan yang memiliki nama ilmiah Felis silvestris catus ini sangat identik dengan sosok hewan yang imut, lucu, manja nan menggemaskan, maka tak heran bila begitu banyak orang terpikat olehnya. Popularitas kucing sebagai hewan peliharaan juga tak perlu dipertanyakan lagi. Para pecinta kucing (cat lovers) di seluruh dunia tak segan-segan merogoh kocek dalam-dalam demi bisa menggendong pulang kucing-kucing yang menjadi kesayangan mereka. Faktanya, kucing seringkali diperlakukan lebih dari sekadar hewan peliharaan, tetapi juga dianggap sebagai anggota keluarga. Berikut ini adalah beberapa fakta seputar kucing yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Kucing, hewan yang menakjubkan!

fakta seputar kucing

sumber gambar: helice93.deviantart.com

Di balik sosoknya yang menggemaskan, ternyata kucing adalah hewan yang begitu menakjubkan. Taukah Anda, kucing memiliki sebanyak 230 tulang, lebih banyak dari manusia yang hanya memiliki 206 tulang. Kucing juga memiliki pendengaran yang sangat sensitif, melampaui manusia dan anjing. Kucing bahkan tetap bisa mendengar saat sedang tertidur. Selain itu, kucing dapat memutar kaki depannya ke segala arah dan ia tidak memiliki tulang selangka (collarbone) sehingga memungkinkannya memasuki celah atau lubang kecil sampai seukuran kepalanya. Fakta-fakta ini menjadikan kucing sebagai hewan yang gesit dan lincah. Kucing rumah atau kucing kampung adalah salah satu hewan predator paling hebat di dunia. Rata-rata kecepatan berlari kucing ini sampai 48 km/jam. Ia juga mampu memangsa beberapa ribu spesies hewan, mengalahkan jenis kucing besar (seperti singa, harimau, dll.) yang hanya mampu memangsa kurang dari 100 spesies hewan.

BACA JUGA  Harga Anakan Kucing Anggora Terbaru 2015

2. Popularitas kucing sebagai hewan peliharaan

Kucing menjadi hewan kesayangan banyak orang di seluruh dunia. Di Amerika dan Inggris, kucing lebih populer untuk dijadikan hewan peliharaan dibandingkan anjing. Sebagaimana yang dimuat oleh situs www.mapsofworld.com , Amerika Serikat merupakan Negara dengan populasi kucing peliharaan terbanyak di dunia, yaitu sebanyak 76.430.000 ekor, menyusul kemudian Cina (53.100.000 ekor), Rusia (12.700.000 ekor), Brasil (12.466.000 ekor), dan Prancis (9.600.000 ekor).

 

3. Hari kucing internasional: bukti kecintaan terhadap kucing

Tanggal 8 Agustus ditetapkan sebagai hari kucing internasional oleh IFAW (International Fund for Animal Welfare). Di beberapa negara, hari kucing juga diperingati secara nasional, misalnya tanggal 29 oktober di Amerika, 1 Maret di Rusia, dan 17 Februari di Polandia. Hari kucing ini merupakan bentuk kecintaan dan kepedulian para pecinta kucing yang diwujudkan dalam acara-acara yang menarik seperti ajang edukasi tentang kucing, kontes kecantikan kucing, aksi adopsi kucing, dan sebagainya.

4. Ailurophilia: cinta yang berlebihan terhadap kucing

Ailurophilia adalah suatu keadaan ketika seseorang terlalu menyayangi kucingnya dan diwujudkan dengan sikap yang berlebihan dan tidak wajar. Kebalikan dari Ailurophilia adalah Ailurophobia, yaitu ketakutan yang teramat sangat (phobia) terhadap kucing. Jika para pecinta kucing memberi makan, mengajak bermain dan merawat kucing mereka dengan baik, maka orang-orang dengan Ailurophilia bisa bertindak “lebih dari itu”. Pengidap Ailurophilia biasa disebut dengan cat collector karena mereka tetap menyimpan kucing-kucing kesayangan mereka yang telah menjadi bangkai dan memasukkannya ke dalam  freezer. Rasa cinta yang teramat sangat membuat mereka tidak rela berpisah dengan hewan kesayangannya. Selain itu, ada juga mereka yang memelihara ratusan kucing liar di rumah mereka karena rasa kasihan. Kucing-kucing tersebut hidup bercampur dengan anggota keluarga dan karena jumlahnya yang terus ditambah, kondisi mereka sangat memprihatinkan dan sakit-sakitan. Para pengidap Ailurophobia bahkan bisa menelantarkan kehidupan dan anggota keluarga mereka sendiri demi obsesi mereka terhadap kucing.

BACA JUGA  Inilah Daftar Harga Makanan Kucing Persia yang Wajib Kamu Ketahui

5. Kucing pembawa manfaat

Manfaat signifikan yang dibawa oleh kucing adalah membasmi hama secara alami, terutama tikus. Seperti yang sudah diketahui bersama, tikus adalah hewan yang merugikan bagi manusia karena bisa membawa banyak virus penyakit dan musuh utama para petani. Bayangkan, jika tidak ada kucing di dunia ini, populasi tikus tentu menjadi tidak terkendali. Tak hanya itu, para ahli mengungkapkan fakta bahwa memelihara kucing berdampak positif bagi kesehatan, antara lain mengurangi risiko serangan jantung, menurunkan tekanan darah, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan mengurangi risiko stroke, stress dan depresi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *