5 Cara Mengenali Suara dan Tanda-tanda Kucing Ingin Kawin

Kamu mungkin salah satu dari sedikit orang yang memiliki hewan peliharaan berupa kucing ras angora dan persia. Kucing yang termasuk berbulu panjang tersebut memang teman yang menyenangkan di rumah. Jika kamu ingin kucing kamu mempunyai keturunan yang cantik seperti induknya, apalagi kamu hanya punya kucing betina, maka kamu harus mengenali tanda-tanda kucing memasuki musim kawin. Tanda-tanda itu bisa berupa suara atau sikap yang khas. Hal ini akan membantu kamu menjaganya dari keturunan yang tidak baik. Berikut 5 tanda kucing kamu siap dikawinkan:

1. Suara Mengeong Yang Khas

suara kucing ingin kawin

https://www.flickr.com/photos/gluehwuermchen/13333697153/

Pada musim kawin kucing anggora dan persia biasanya mengeluarkan suara yang lebih keras dan melolong. Beberapa orang menganggap suara kucing pada musim kawin seperti anak menangis. Pada malam hari biasanya kucing yang sedang birahi berjalan mondar-mandir di sekitar rumah bahkan di atap rumah sambil mengeluarkan suara melolong keras untuk memanggil pejantan secara terus-menerus. Kucing persia yang biasanya pendiam akan banyak bersuara. Jika kamu mendengar suara-suara aneh itu, adalah pertanda kucing kamu sudah siap dikawinkan.

2. Sikap Yang Manja

sikap dan tingkah kucing manja

https://www.flickr.com/photos/haydnseek/107500881/

Seperti halnya manusia, kucing anggora dan persia pada musim kawin akan terlihat lebih manja. Kucing jenis persia yang memang mudah bergaul akan bertambah manja denganmu. Begitu juga angora cantikmu, ia akan sering berada di antara kakimu ketika kamu melewatinya. Saat kamu menonton televisi atau bersantai di sofa, mereka akan menghampirimu dan meminta belaianmu lebih sering dari biasanya. Jika merasa kucingmu seperti itu, kamu harus mengenali tanda lainnya untuk meyakinkan bahwa anggora dan persiamu sedang pada masa birahi.

BACA JUGA  Mengenali 8 Ciri-Ciri Kucing Peliharaan yang Sakit

3. Gelisah Dan Pergi Keluar Rumah

kucing gelisah di luar rumah

https://www.flickr.com/photos/ttrimm/14110737364/

Pada pertengahan musim semi hingga musim panas (antara bulan April – Agustus) kucing liar biasanya memasuki musim kawin. Namun pada anggora dan persia yang sudah terbiasa dipelihara di rumah, kadang musim kawinnya tidak terpengaruh pada cuaca dan musim. Makanan yang berlimpah dan cahaya di rumah bisa menjadi faktor yang menyebabkan hal tersebut. Namun perilaku yang sama dengan kucing liar ketika memasuki musim kawin masih terlihat. Selain manja, kucing yang birahi akan terlihat gelisah, berjalan mondar-mandir dan banyak keluar rumah. Kucingmu akan menemui pejantan di luar. Jika kamu menemui kucingmu seperti itu jangan biarkan ia keluar rumah sembarangan. Karena bila tidak dijaga, dia bisa tiba-tiba menghilang dari rumah. Jika kamu ingin keturunannya juga jenis anggora dan persia, kawinkan hanya pada pejantan yang kamu inginkan.

4. Banyak Menjilat Dan Menggesek Benda Di Sekitar

lidah kucing menjilat

https://www.flickr.com/photos/justbecause/305470761/

Komunikasi kucing betina ke kucing jantan selain dengan suara juga melalui bau yang khas (feromon). Feromon ini biasanya dihasilkan oleh kelenjar di daerah sekitar pipi dan dagu. Jika anggora dan persia kamu sedang pada musim kawin ia akan banyak menjilat dan menggesek pipi dan dagunya pada benda-benda sekitar. Kucing kamu tentu berharap ada pejantan yang lewat dan mengenali baunya yang sedang bergairah. Maka kenalilah saat kucingmu suka menjilat kaki kursi dan meja, kusen pintu dan benda-benda di sekitarnya, mungkin ia sedang di masa birahi.

BACA JUGA  Tips dan Trik Membeli serta Harga Kucing Anggora Anakan

5. Ekor Yang Melengkung

ekor kucing ke atas tanda ingin kawin

https://www.flickr.com/photos/hammershaug/2570840906/

Saat kucing anggora dan persiamu menghampiri, peganglah punggungnya pada bagian belakang (posterior) mendekati pangkal ekor. Amatilah ekor kucingmu saat kamu belai bagian punggung belakangnya. Kucing yang berada pada masa birahi, ekornya akan tegang dan melengkung ke atas. Pada kondisi ada pejantan, ia akan lebih sering memperlihatkan kemaluannya yang sedang sedikit membengkak untuk merayu pejantan. Jika ekor kucingmu tegang dan melengkung ujungnya ke atas, kemungkinan anggora dan persiamu sudah siap kawin.

Nah, itulah 5 tanda-tanda bahwa kucing kamu sedang di masa birahi. Kenali tanda-tandanya agar dapat membantu menjaga kucing kesayanganmu dari keturunan yang tidak baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *