3+4 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Memelihara Kucing Persia

Memiliki binatang peliharaan di rumah memang merupakan suatu hal yang menyenangkan bagi para pecinta binatang. Memelihara kucing persia tentunya menjadi kesenangan tersendiri bagi para pecinta kucing persia. Kucing persia adalah jenis kucing ras yang terkenal ramah dan mudah berbaur dengan lingkungan sekitar. Dibalik dari kesenangan tersendiri yang juga menuntut kita untuk merawatnya. Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan oleh para pecinta kucing persia berkaitan dengan sebelum atau saat memelihara kucing persia bagi yang berminat atau sudah memilikinya.

SEBELUM MEMELIHARA KUCING PERSIA

Saat anda terfikir dan berminat untuk memelihara kucing persia, ada beberapa hal yang juga perlu anda fikirkan dari dampak memelihara kucing persia itu sendiri. Memiliki binatang peliharaan bukannya tanpa resiko. Memelihara binatang berarti kita berkomitmen untuk menjaga dan menanggung semua keperluan dari binatang itu sendiri. Binatang peliharaan adalah makhluk hidup yang juga perlu kita sayangi.

1. RESIKO WAKTU
Hal pertama yang harus anda fikirkan sebelum memelihara kucing persia adalah anda harus memikirkan resiko waktu dari memelihara kucing persia itu sendiri. Saat anda memelihara kucing persia, anda akan dihadapkan pada persoalan untuk meluangkan waktu anda yang padat bagi si kucing. Kucing persia membutuhkan waktu luang anda dalam bentuk perhatian untuk diajak bermain, diajak bercanda dan diawasi dalam persoalan memberi makan dan minum yang juga berpengaruh pada kesehatan si kucing nantinya.

2. RESIKO KEUANGAN
Seperti yang telah dipaparkan di paragraf pembuka, kucing persia adalah salah satu jenis kucing ras. Memiliki kucing persia sebagai binatang peliharaan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Kucing persia memerlukan segi perawatan berlebih dari kucing kampung biasa. Dari mulai kandang, jenis makanan, peralatan makan dan minum, juga peralatan dasar untuk merawat kucing persia seperti alat mandi dan sebagainya pun harus difikirkan dengan matang agar kucing persia yang anda miliki dapat tumbuh dan berkembang menjadi kucing persia yang baik.

3. RESIKO KELUARGA
Hal yang perlu anda perhatikan adalah masalah keluarga. Keluarga adalah orang terdekat anda dan juga menjadi orang yang sama-sama menghuni rumah tempat anda tinggal. Jika anda ingin memelihara kucing persia di rumah, pastikan anggota keluarga yang tinggal bersama anda tidak mempunyai alergi terhadap kucing itu sendiri. Pastikan anggota keluarga anda juga mau dan mampu menghandle tugas anda untuk merawat kucing persia yang anda miliki jika anda sedang sibuk. Pastikan bahwa anda dan anggota keluarga anda yang lain siap menjalani waktu dan hidupnya bersama si kucing. karena kenyataannya saat anda memilih kucing persia sebagai binatang peliharaan anda, anda berarti sudah pasti akan menjadikan kucing tersebut sebagai bagian dari keluarga anda. Dengan dukungan keluarga yang optimal, resiko yang anda miliki dalam memelihara kucing persia pun akan sedikit berkurang.

BACA JUGA  Inilah 8 Cara Mudah Merawat Kucing Persia

SAAT MEMELIHARA KUCING PERSIA

Jika anda sudah memantapkan diri untuk memelihara kucing persia. Berarti anda juga sudah siap untuk berkomitmen panjang merawat si kucing dan terus memberikan perhatian. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat merawat kucing persia tentunya berhubungan dengan teknis perawatan yang nantinya akan menunjang kepada kesehatan dan karakter yang akan terbentuk pada diri kucing persia yang akan anda pelihara.

1. MERAWAT TUBUH SI KUCING
Kucing persia adalah jenis kucing ras yang mampu hidup sampai 20 tahun. Kucing persia memiliki ketahanan tubuh yang kuat jika anda mampu merawat tubuhnya dengan baik. Berikan makanan pada si kucing sesuai porsi dan takaran yang sesuai. Contohnya, jika anda memiliki kucing persia usia anakan (3-1 tahun) berarti anda berhak memberi makanan pada kucing tersebut dengan jenis makanan yang sesuai pada umurnya. Kucing persia usia anak umumnya membutuhkan makanan dengan asupan gizi yang lebih banyak daripada kucing dewasa. Kucing usia anak pun biasa aktif bermain dan membutuhkan makanan dalam porsi yang banyak. Berikan makanan kucing kepada kucing anak secukupnya dan sesering mungkin untuk mengimbangi rasa laparnya yang tinggi dan perutnya yang masih kecil. Untuk kucing persia dewasa, anda dapat memberinya makanan sesuai dengan kualitas makan si kucing.
persian putih
2. MERAWAT BULU SI KUCING
Satu hal yang khas dan dimiliki oleh kucing persia adalah kucing persia memiliki jumlah bulu yang banyak dan juga tebal. Buatlah kucing persia anda sehat dan memikat dengan menjaga kualitas dari bulu si kucing. Anda sebagai pemilik sebisa mungkin harus rajin menyisir bulu si kucing setiap hari terutama bila terjadi kusut pada bulu si kucing. Kusut pada bulu dapat mengakibatkan timbulnya bakteri dan jamur pada tubuh si kucing yang dapat menimbulkan penyakit. Usahakan juga untuk sering menyeka bulu si kucing dengan tissue basah bayi. Tissue basah bayi digunakan karena tissue basah bayi tidak memiliki bahan dari zat aktif yang begitu keras. Tissue basah bayi yang wangi pun akan menjaga bulu kucing tetap wangi dan mengkilap.
ras kucing persia
3. MERAWAT WAJAH SI KUCING
Hal lain yang khas dan dimiliki oleh kucing pesia adalah bentuk wajah bulat dan hidung pesek yang dimilikinya. Anda sebagai pemilik harus telaten untuk membersihkan bagian wajah si kucing persia setiap harinya. Seka bagian mata si kucing dan bersihkan daerah-daerah sela mata dari kotoran mata kucing yang mengganggu. Seka pula daerah sekitar hidung dan telinga si kucing. Bersihkan daun telinga dalam dan luar si kucing dengan menyekanya menggunakan tissue basah. Untuk bagian dalam telinga, cotton buds dapat digunakan untuk membersihkannya.
kucing persia abu-abu
4. BERIKAN WAKTU BERMAIN DAN PERIKSAKAN KUCING KE DOKTER HEWAN
Berikan waktu bagi si kucing untuk bergerak bebas dan bermain. Bawa kucing ke dokter hewan dalam waktu berkala untuk memeriksakan kesehatan dan munculnya penyakit yang bisa saja tidak kita ketahui. Jagalah kesehatan dalam memelihara kucing persia anda sebaik mungkin.

persia flatnose

Source gambar: http://lovecatofficial.blogspot.com

Description: siap memelihara kucing persia berarti anda siap berkomitmen untuk memelihara makhluk hidup. Peliharalah kucing persia anda dengan sebaik mungkin.

BACA JUGA  Mengenal dan Merawat si Manis Persia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *