3 Macam dan Jenis Makanan Yang Paling Disukai Kucing Anggora

Sebut saja Nyang-Nyang, ia sangat ingin badannya gemuk, sehat, dan bulunya bagus. Tapi sayangnya Nyang-Nyang tidak dapat memilih makanannya sendiri, makanan yang Si Nyang-Nyang konsumsi adalah makanan pilihan majikannya. Nyang-Nyang bersedih hati “akankah badanku gemuk, sehat, dan berbulu bagus” ujarnya, ia berharap majikannya dapat mewujudkannya. Hehe itu hanya sebaris cerita saja Guys, Nyang-Nyang bukanlah tokoh utama dalam novel melainkan nama kucing anggora dan ia bukan seorang pembantu, majikan yang dimaksud tadi adalah sang pemilik kucing.

Ya seperti yang tersirat dalam cerita di atas bahwa kucing membutuhkan makanan yang tepat bagi pertumbuhannya. Mungkin majikan baru belum tahu macam dan jenis makanan kucing anggora atau Si Nyang-Nyang ini.

Sebelum ke macam dan jenis makanan, sebaiknya Anda harus mengerti dulu nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh kucing anggora Anda. Sebenarnya nutrisi makanan yang dibutuhkan kucing anggora maupun persia sama saja. Makanan kucing harus memiliki kebutuhan gizi yang seimbang, yaitu makanan yang banyak mengandung vitamin dan asam amino. Kucing juga memerlukan zat taurin yang cukup kekurangan zat taurin dalam jangka waktu panjang, misalnya si kucing diberi makanan anjing yang mengandung sedikit taurin dapat mengakibatkan degenerasi retina, kehilangan penglihatan, dan kerusakan jantung. Berabe kan kalau salah ngasih makan, bukannya gendut malah mati. Yuk Guys kita bahas satu-satu macam dan jenis makanan kucing anggora.

Makanan Kering (Dry Food)

dry food for catDi Indonesia sendiri sudah banyak makanan kering kucing yang kerap dijumpai di pet shop. Makanan kering atau dry food ini berbentuk sereal yang mengandung 8-10 % air. Makanan kering biasanya dibuat dengan cara ekstruksi daging dengan tekanan dan suhu yang tinggi. Makanan kering dapat ditambahkan bahan lain seperti lemak makanan dengan cara disemprotkan untuk meningkatkan palatabilitas dan rasa.

BACA JUGA  Cara Merawat Anakan Kucing Anggora dengan Mudah

Pemberian makanan kering bagi kucing anggora memang pilihan yang baik karena baik juga terhadap kesehatan gigi, lebih tahan lama, dan umumnya lebih bergizi karena mengandung gizi tambahan. Akan tetapi tidak semua makanan kering dianjurkan oleh dokter hewan, Anda perlu melihat kandungan nutrisi dalam kemasannya.Makanan kering diyakini bisa mengurangi hairballs (penyakit yang disebabkan banyaknya perawatan bulu yang berlebihan), melindungi kulit dan bulu, juga menggemukan kucing yang kurus.

Makanan kucing yang murah sampai yang harganya bikin jantungan banyak beredar di pasaran, tetapi murah bukan jaminan. Ada yang bermerk Royal Canin, Friskies, Whiskas, Pro Plan, Eureka, Star Pro, dan banyak lagi.

Makanan Basah (Wet Food)

wet food for catWet food atau makanan basah adalah jenis makanan berupa kornet dalam kaleng. Makanan basah ini biasa digunakan untuk kitten atau anak kucing yang belum bisa makan makanan dry food dan biasa digunakan untuk memancing nafsu makan kucing dengan cara mencampur dry food dan wet food. akan tetapi, makanan kalengan ini kurang baik dikonsumsi dalam jangka panjang.

Makanan kalengan biasanya lebih berupa junk food bagi kucing. Sebaiknya jangan biasakan kucing anggora Anda untuk makan wet food ini karena menyebabkan timbulnya plak dan karang gigi. Selain itu, alasan pelarangan memberi makanan basah pada kucing anggora adalah nutisinya kurang lengkap. Kucing yang sudah terbiasa memakan wet food akan susah beralih ke dry food.

BACA JUGA  Perawatan Tepat untuk Bulu Kucing Persia Kesayangan

Raw Food (Makanan Alami)

raw food for catRaw food adalah makanan alami yang bisa kita buat sendiri tanpa membeli di pet shop daerah Anda, cara membuatnya adalah pilihlah daging ditambah sedikit sayuran kemudian kukus sampai matang, setelah makanan matang cincanglah kecil-kecil agar makanan bisa masuk ke mulut kucing. Sebagai hewan karnivora, raw food adalah pilihan yang baik. Apa saja raw food yang nutrisinya seimbang?

  1. Daging : daging sapi, daging ayam, daging kelinci. Bisa di berikan dalam keadaan mentah, tetapi sebaiknya diberikan dalam keadaan matang. Caranya dikukus atau di rebus.
  2. Ikan : ikan mengandung nutrisi yang dibutuhkan kucing anggora Anda. Memberikan terlalu banyak ikan tuna bisa menguras asupan vitamin E pada kucing karena tinggi asam lemak tak jenuh gandanya. Ikan yang diberikan adalah dalam keadaan segar bukan ikan sisa. Hal tersebut dapat mengganggu sistem pencernaan kucing.
  3. Kuning telur : berikanlah kuning telurnya saja, jangan memberikan putih telur pada kucing Anda.
  4. Keju : keju bukan hanya makanan yang enak bagi manusia tetapi juga sumber protein yang baik bagi kucing anggora anda karena terbuat dari susu. Berikanlah keju secara bertahap pada kucing Anda! Akan tetapi tidak semua kucing cocok dengan keju. Apabila kucing Anda mengalami diare setelah mengkonsumsi keju sebaiknya dihentikan.

Guys itulah uraian macam dan jenis makanan kucing anggora. Sebagai pemilik kucing yang baik berikanlah makanan terbaik bagi kucing anggora kita karena dia telah menyumbang jasa pada hidup Anda. Melihat kucing gemuk, lucu, sehat, bulunya bagus merupakan kebahagian tak terdefinisikan. Tetap ya Guys pada misi We Like, We Love, and We Care.

There is 1 comment for this article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *