3 Kucing Ras Terfavorit di Dunia

Siapa yang tidak suka dengan si mahluk berbulu yang satu ini? kucing adalah salah satu hewan  peliharaan terpopuler di dunia Kucing sudah dari dulu bergabung di kehidupan manusia, diperkirakan sejak awal 6.000 tahun sebelum masehi, perkiraan ini diduga dengan bukti  kerangka kucing di Pulau Siprus. Orang orang mesir kuno juga dari  3.500 sebelum masehi dulu sudah memakai kucing untuk menjauhkan tikus dan hewan pengerat atau hama. Kucing yang sekarang keturunannya telah dicatat secara legal yang disebut kucing trah atau galur murni (pure breed) contohnya seperti persia, siam, manx, dan sphinx. Jumlah dari berbagai jenis jenis kucing ras hanyalah 1% dari seluruh kucing di dunia, sisanya adalah kucing dengan keturunan campuran seperti kucing liar atau kucing kampung. Pada jaman sekarang sudah banyak berbagai macam ras, warna dan pola pada kucing diperkirakan lebih dari 62 jenis jenis kucing ras. Masing masing dari kucing ras tersebut memiliki keunikan dan karakteristiknya sendiri mulai dari bentuk wajah struktur tubuh,pola warna juga sifatnya.di artikel ini akan dibahas 3 jenis jenis kucing ras terfavorit, simak terus artikel ini ya cat lovers!

  1. Turkish Anggora

turkish anggoraTurkish Anggora atau biasa disebut Anggora merupakan kucing domestic yang menurunkan sifat kuno alami kucing. Kucing Turkish anggora ini sering dikaitkan dengan legenda dan mitos karena nenek moyang ras ini sudah ada di turki sejak 1.400 tahun yang lalu.Kucing ras Turkish Anggora ini berasal dan berpusat di Turki dan berdaerah di Ankara.Kucing ras Turkish Anggora ini sangat populer untuk para cat lovers di Indonesia karena keanggunannya.

Dikutip dari buku Untung Besar Bisnis dari si Manis karya Lukiyanto bahwa Hingga saat ini kucing Anggora mampu mempertahankan karakteristiknya yaitu kecerdasan keanggunan dan kecantikannya hingga sekarang.

Apa saja karakteristik unik dari Kucing Turkish Anggora? Di kutip dari www.Amazine.co, Berikut adala beberapa karakteristik yang biasa ditemukan pada kucing Turkish Anggora:

  1. Bulu kucing anggora turki merupakan salah satu ciri yang membedakan ras kucing ini dengan ras lain. Bulu kucing anggora memiliki lapisan tunggal dan bervariasi, mulai dari yang pendek hingga memiliki bulu yang panjang. Bulu di sekitar leher kucing anggora panjang dan halus, Sama seperti bulu yang ada di ekornya, kucing anggora turki memiliki bulu panjang yang khas di sekitar kaki belakang, yang disebut britches (pakaian bawah) karena mirip seperti celana.
  2. Karakteristik Fisik. Kucing Anggora turki umumnya memiliki berbentuk kacang almond yang biasanya bewarna hijau, emas, tembaga, atau biru. Memiliki daun telinga yang lebar dan sangat runcing di bagian ujungnya. Kepalanya kecil hidung yang mancung dan badanya kurus serta panjang.kucing anggora memiliki kaki belakang yang lebih panjang dari pada kaki yang didepan
  3. Kepribadian dan Prilaku. Kucing Turkish Anggora termasuk kucing yang lincah, gemar bermain, Mempunyai emosi yang cepat berubah, dan gampang marah. Tidak betah untuk dipegan terlalu lama. Kucing anggora termasuk pembelajar yang cepat dan terkadang menunjukan rasa humor yang unik. Kucing ini sangat aktif dan tidak bisa berdiam diri. Kucing anggora bisa membentuk ikatan yang kuat dengan pemiliknya.
BACA JUGA  Inilah Alasan Mengapa Kucing Sphynx jadi Kucing Termahal di Dunia

Walaupun Kucing Turkish anggora sering di kawin silangkan dengan ras kucing lain, kucing ini biasanya membawa keturunan dengan sifat persis dominan ras Turkish Anggora. Namun untuk mendapatkan keterunan asli ras ini, akan cukup terbilang langka.

  1. Ras kucing Persia

kucing persiaKucing Persia merupakan salah satu kucing yang populer di kalangan masyarakat pecinta kucing di Indonesia. Banyak yang berkata bahwa kucing Persia merupakan ras kucing tertua selain Turkish anggora. Ada beberapa versi yang mengatakan bahwa kucing Persia berasal dari seperti nama jenisnya sendiri yaitu Persia (yang sekarang berubah menjadi iran) dan versi yang lainnya  mengatakan bahwa kucing jenis persia di impor dari turki dan disebarluaskan di Negara bagian eropa, perlu dipahami bahwa di Negara turki pun jenis jenis memiliki bulu yang panjang seperti Turkish Anggora, yang pada akhirnya memungkinkan terjadinya penurunan sifat yang diwariskan ke generasi kucing Persia selanjutnya, maka dari itu umumnya kucing ras asli Persia biasanya memilki tipe bulu yang panjang (Longhaired breed).

Baca juga Sekelumit Sejarah tentang Kucing Persia

Namun sudah menjadi keharusan di setiap kucing ras asli Persia untuk memiliki hidung yang pesek, yang sekarang dibedakan menjadi beberapa golongan bedasarkan tipe hidungnya :

  1. Persian Medium 
  2. Persian Flatnose
  3. Persian Peaknose/Extreme.

Kucing Persia memiliki kaki yang pendek dan kuat, ada fakta unik mengenai kaki pendek kucing Persia, kata Cat Walk dalam dunia permodelan terinspirasi dari kaki kucing Persia yang kalau melangkah kecil dan berirama. Kucing Persia yang berkualitas memilki mata yang lebar dan cerah, bulu yang panjang dan lebat serta memiliki hidung peaknose extreme . Kucing Persia termasuk kucing yang selalu dianggap bernilai tinggi karena bentuk postur tubuh dan wajah yang unik, selain itu juga sejak dahulu kucing Persia menjadi kucing berharga para bangsawan. Sifat kucing Persia terkenal dengan pendiam, manja, dan penurut. Kucing Persia akan senang hidup sebagai kucing rumahan, mereka gampang akrab dengan kucing lain, Binatang lain dan Anak anak. Sangat penting diingat bahwa kucing ini butuh grooming yang rutin. Kucing Persia gampang sekali untuk terkena penyakit kulit dan saluran pernafasan, karena itu diperlukan biaya yang cukup besar untuk memenuhi kebutuhan kucing ini. Kucing Persia sangat responsif dan dapat menjadi sumber utama kebahagian pemiliknya.

  1. Ras Kucing Abyssinian

 

BACA JUGA  Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Kamu Membeli Kucing Anggora

kucing abyssinianAbyssinian atau sebagian orang menyebutnya rumpy cat merupakan salah satu ras kucing yang memilik bulu pendek dan kucing ini  sangat populer di sekita benua Amerika Serikat. Kucing ini juga menjadi salah satu dari ras kucing  tertua yang pernah diketahui. Karena bentuknya menyurupai lukisan dan patung yang pernah ada di zaman mesir kuno  bangsa Mesir pernah membuat kuil khusus untuk menyembah kucing Abyssinian. Banyak ditemukan  mumi untuk kucing Abyssinian ini pada makam-makam di bangsa  Mesir kuno. dengan misi untuk menjaga ladang gandum dari hama seperti tikus. Harga  kucing ini sangat terbilang mahal, yaitu berkisar $700-$1500 atau berkisar 8-17.5 juta rupiah.

Warna             : Coklat dan Lavender

Kepribadian     :Aktif, cerdas dan penyayang, Dapat menghidupkan suasana di Dalam rumah. Mereka  setia, mereka tipe kucing yang suka bersandar di bahu pemiliknya, dan cenderung untuk mengajar pemiliknya apa bila diajak bermain. Kucing ini suka berada di sekitar pemiliknya, selalu penasaran dengan apa yang sedang dilakukan pemiliknya, cinta bermain, ramah. Banyak yang beranggapan bahwa kucing ini adalah kucing paling setia di Antara kucing ras lain.

Tampilan           :Kucing Abyssinian memiliku tubuh yang berukuran sedang, Ramping dan anggun umumnya bulu pendek. Memiliki kaki yang panjang serta langsing. Kepala berbentuk segitiga dengan sudut-sudut kepala agak membulat. ciri khas Abyssinian memilik pola warna yang semu berbintik-bintik (ticked agouti).

Baca juga Mengenal Kucing Persia Berbulu Pendek yang Unik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *