3 Cara Jitu Menjual Kucing Anggora dan Persia

Dengan penduduk lebih dari 200 juta jiwa dan didominasi muslim, Indonesia memberi peluang besar bagi peternak kucing ras untuk menjual hasil ternaknya. Selain karena kucing diterima secara terbuka oleh kalangan muslim, tren memelihara kucing terutama ras Anggora dan Persia pun mulai meningkat. Jika saat ini permintaan masih disekitar pulau Jawa, namun perlahan tapi pasti tren memelihara kucing ras Persia dan Angora mulai menjangkiti cat lovers di luar Jawa. Sejalan dengan itu, pasar luar negeri pun cukup menjanjikan bagi para peternak lokal Indonesia. Pasalnya, biaya tenaga kerja yang cukup rendah membuat harga jual kucing Angora dan Persia di sini lebih murah dibanding harga kucing yang dijual di luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Brunei, dan lain-lain. Berikut 3 cara jitu menjual kucing Anggora dan Pesia hasil breeding, yaitu:

1. Memanfaatkan Media Sosial

social media

https://www.flickr.com/photos/jasonahowie/8583949219/

Promosi melalui jejaring sosial (facebook, twitter dan lain-lain) cukup efektif serta murah meriah. Kamu juga bisa memilih menempuh jalur website, menjualnya melalui toko dagang online seperti tokopedia, kaskus, lazada dan sebagainya. Selain itu, grup atau komunitas juga dapat menjadi salah satu ajang promosi gratismu untuk menjual kucing ras.

BACA JUGA  Tips Mencari Makanan Kucing yang Bagus dan Murah

2. Cat show

cat show

https://www.flickr.com/photos/titkov/8642555763/

Selain menjadi ajang pertemuan para pecinta kucing (cat lovers), cat show atau pertunjukkan kucing juga akan menambah pengetahuan dalam meningkatkan kualitas kucing yang ideal dan harga pasaran yang bagus. Harga pasaran kucing ras di bawah 8 juta-an memungkinkan naik dan menjadi mahal jika kucing tersebut menjadi juara kontes pada cat show yang digelar. Lagi pula kucing kelas show lebih banyak diminati pasar luar negeri.

3. Media Massa

kucing koran

https://www.flickr.com/photos/wiki/12848476/

Ini merupakan cara lama tapi masih efektif untuk dimanfaatkan. Mencari jaringan media massa baik cetak maupun elektronik untuk mempromosikan kucingmu. Terlebih saat ini masyarakat mulai tertarik dengan informasi seputar kucing peliharaan. Hal yang membuat stasiun televisi, majalah dan koran membutuhkan muatan berita seputar hewan ini. Promosi seperti ini dapat membantu menjual kucing hasil ternak yang kamu miliki.

BACA JUGA  Makanan untuk Kucing Anggora yang Sehat Tanpa Mahal

Apabila promosi yang kamu lakukan sukses, hal berikutnya yang perlu diperhatikan saat kamu mendapat pesanan ke tempat jauh (luar kota/luar negeri) adalah memastikan jasa paket pengiriman yang terbiasa menangani pengiriman hewan peliharaan. Selain itu, standar yang harus dipenuhi dalam jual beli kucing adalah vaksinasi untuk memastikan kucing yang dijual bebas rabies.

Melihat potential market yang terbuka lebar baik untuk pasar lokal maupun ekspor membuat hobi memelihara kucing ras ini dapat memberi keuntungan lebih secara materi buat kamu yang dengan tekun merawat dan memperbanyak keturunan kucing berkualitas baik kelas pet, breed maupun show. Kendala yang ada seputar pemasaran pun sudah dapat diatasi. Lebih produktif berternak kucing Anggora dan Persia, why not?!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *