12 Cara untuk Mencegah Penyakit Toksoplasmosis

Penyakit dari parasit Toksoplasma Gondii

Bukankah Anda sering mendengar mengenai parasit Toksoplasma pada kucing? Anda pasti merasa takut untuk memelihara kucing bukan? Tidak perlu Anda takut, sebenarnya tinggal bagaimana kita merawat kucing agar tidak terkena penyakit ini. Beberapa orang yang telah memelihara kucing juga tidak terlepas dari rasa takut ini. Namun mereka masih tetap memelihara kucing karena hewan ini sangat menyenangkan diajak bermain.

aman dari toksoplasmosisPenyakit Toxoplasma bisa saja menjangkit manusia melalui kotoran kucing yang terkena parasit Toxoplasma Gondii. Parasit ini hidup di usus halus kucing yang nantinya keluar bersama kotorannya. Nah penularan penyakit ini bisa melalui beberapa cara seperti berikut:

–       Tidak sengaja makan makanan yang tercemar parasit, sebagai contoh Anda makan sayuran yang tercemar penyakit ini dan tidak dicuci bersih.

–       Transfusi darah juga bisa menularkan penyakit ini, tidak hanya itu saja transplantasi organ dari orang yang menderita toxoplasmosis juga bisa menularkan penyakit ini.

BACA JUGA  Panduan Memilih Makanan Kucing Anggora Anakan

–       Makan daging yang mengandung parasit dan tidak dimasak secara matang.

–       Ibu hamil yang terinfeksi bisa menularkannya ke janin yang berada di kandungan sang ibu.

–       Infeksi placenta bayi ketika dalam kandungan.

Penularan penyakit ini lebih mudah pada orang-orang yang memiliki kekebalan tubuh kurang baik. Sedangkan untuk orang-orang yang memiliki kekebalan tubuh yang baik pasti akan lebih aman. Penyakit tokso ini tidak selalu berasal dari kucing. Karena semua hewan berdarah panas memiliki potensi terjangkit parasit Toksoplasma. Jadi jangan beranggapan seseorang memelihara kucing pasti terkena penyakit toksoplasmosis.

Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini seperti rasa lelah, sakit tenggorokan, pembesaran getah bening termasuk limpa dan hati, flu, demam, dan gangguan kulit. Hanya beberapa orang saja yang mengalami gejala tersebut.

 

Tips menghindari Toxoplasma

Setelah mengetahui bagaimana cara parasit ini menjangkit manusia, akan saya berikan tips untuk Anda agar terhindar dari penyakit ini. Berikut ini beberapa tips untuk menghindari penyakit Toxoplasma yang bisa menjadi tips merawat kucing Anda:

  1. Cuci bersih sayuran dan buah sebelum Anda konsumsi
  2. Setelah mencuci daging, cuci tangan dengan sabun agar tidak ada parasit di tangan Anda.
  3. Berikan makanan yang layak pada kucing
  4. Cuci tangan dengan sabun sebelum Anda makan
  5. Jangan makan daging mentah maupun setengah matang
  6. Makan daging yang sudah benar-benar matang
  7. Ajari kucing sejak kecil untuk membuang kotoran di pasir
  8. Sediakan kotak pasir untuk membuang kotorannya menjadi tips merawat kucing yang harus diperhatikan dan bersihkan kotak tersebut setiap hari demi kucing Anda.
  9. Bagi ibu hamil, jangan membersihkan kotak pasir untuk kotoran kucing, mencuci daging ataupun jeroan selama hamil.
  10. Hindari kontak langsung dengan kotoran kucing
  11. Gunakan sarung tangan untuk membersihkan kotoran kucing
  12. Salah satu tips merawat kucing yaitu dengan memberikan vaksin pada kucing kesayangan Anda
BACA JUGA  Makanan Paling Ampuh untuk Kucing Persia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *